Perayaan Malam Tahun Baru Sisakan Sampah 3,68 Ton

Perayaan malam pergantian Tahun Baru 2020 di Surabaya menyisakan tumpukan sampah dengan jumlah besar.

SURABAYA (global-news.co.id)- Perayaan malam pergantian tahun baru menyisakan tumpukan sampah dengan jumlah besar. Tak tanggung-tanggung, jumlah sampah mencapai 3,68 Ton dan didominasi sampah plastik.

“Kebanyakan sampah plastik, bungkus minuman, botol minuman (air mineral),” kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Arif Rusman, Rabu (1/1/2020).

Sampah tersebut, kata Arif, banyak ditemukan di pedestrian yang digunakan warga untuk berkumpul. Dirinya pun tak memungkiri, juga tak jarang warga yang sadar dengan membuang sampah ke tempat sampah yang banyak tersedia di seluruh Surabaya. “Ada yang sadar akan hal itu, dibuang di tempat sampah,” terangnya.

Menurut keterangan Arif, jumlah 3,68 Ton sampah yang terkumpul di malam tahun baru 2020 itu, cenderung menurun jika dibandingkan malam tahun baru sebelumnya. “Tahun kemarin sekitar 4 sampai 5 ton,” ungkapnya.

Untuk membersikan tumpukan sampah yang berserakan di Surabaya, Arif menerjunkan sekitar 300 personel kebersihan saat malam tahun baru 2020. Mereka mulai membersihkan sampah dari pukul 00.30 hingga 04.00 WIB dini hari.

“Biar cepat selesai, kami terjunkan 300 personel yang langsung disebar. jadi langsung bergerak secara kolektif, biar pagi hari sudah bersih,” katanya.

Mereka membersikan sampah di kawasan Ahmad Yani, Raya Darmo, Taman Bungkul, Basuki Rahmat, hingga ke arah Tugu Pahlawan. “Kami sejak jam 1 pagi langsung gerak. Kami sisir daerah-daerah yang terpantau ramai sejak sore. Khususnya tengah kota,” kata Arif.

Di samping itu, lanjut Arif, DKRTH juga menerjunkan lima unit mobil penyapu jalanan, serta 13 unit dump truck untuk membantu membersihkan sampah. “Kami kerahkan semaksimal mungkin. Karena perintah dari Bu Wali, pagi harus sudah bersih seperti biasanya,” katanya.

Gerak cepat Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya ini sesuai instruksi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Kepada awak media, Risma meminta proses bersih-bersih sampah tahun baru ini bisa selesai dalam waktu singkat. “Kita sudah biasa. Jam 06.00 WIB sudah bersih,” ujar Risma.  pur