Pasien RSUD dr Soetomo Meningkat

Jumlah pasien selama libur Tahun Baru 2020 di RSUD dr Soetomo mengalami peningkatan.

SURABAYA (global-news.co.id) – Jumlah pasien selama libur Tahun Baru 2020 di RSUD dr Soetomo mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soetomo Surabaya, Adrian Hariastawa.

“Ada sebanyak 157 pasien yang masuk di IGD RSUD Soetomo, dengan dominasi penyakit bawaan,” kata Adrian, di Surabaya, Rabu (1/1/2020).

Meski mengalami peningkatan, Adrian menjelaskan, pada perayaan malam Tahun Baru 2020, tidak ada kejadian besar yang ditangani. “Kena petasan satu orang, intoxikasi atau keracunan akibat minuman oplosan tig orang, berkelahi tiga orang, semuanya ringan,” kata Adrian.

Selain itu, RSUD dr Soetomo juga menerima pasien kecelakaan lalu lintas pada pergantian tahun, lima orang harus mendapatkan perawatan sedangkan lima lainnya mengalami luka ringan dan diperbolehkan pulang. “Laka lantas lima orang opname, lima orang pulang karena luka ringan,” ujarnya.

Adrian juga mengapresiasi langkah sigap yang dilakukan aparat baik polisi dan jajaran, yang membuat situasi kondisi perayaan pergantian tahun kondusif.

Sebelumnya, RSUD dr Soeotomo Surabaya melakukan kesiapan menerima pasien tahun baru. Sejumlah petugas medis disiapkan pada pergantian tahun. Hal ini sebagai antisipasi meningkatnya jumlah pasien.

RSUD dr Soetomo menyiapkan petugas medis siaga atau on call mulai dari perawat hingga dokter spesialis. langkah tersebut diambil sebab 1 Januari merupakan hari libur, sehingga banyak fasilitas kesehatan yang tutup. ara, nas