OTT Bupati Sidoarjo, KPK Bawa 3 Pejabat Pemkab

Salah satu pejabat Pemkab Sidoarjo yang dibawa penyidik KPK ke Subdit III Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (7/1/2020) malam.

SURABAYA (global-news.co.id) –  Tiga pejabat Pemkab Sidoarjo dibawa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Subdit III Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (7/1/2020) malam. Rombongan KPK datang sekitar pukul 23.30 dengan penjagaan ketat.

Belum diketahui identitas ketiga pejabat tersebut. Namun, informasi yang diperoleh, mereka Kepala Dinas Perizinan Terpadu Ari Suryono, pejabat protokoler Budiman, serta Sekretaris Pribadi Bupati Sidoarjo Saiful Illlah. Sementara Bupati Saiful Illah yang dikabarkan ikut tertangkap tangan, belum tampak.

Tak sepatah kata pun keluar dari mulut ketiga pejabat ini. Begitu keluar mobil, ketiga pejabat ini bergegas masuk ke ruang penyidik sambil menutup wajah dengan menggunakan jaket. “Tolong dong kasih jalan. Kasihan ini perempuan,” ujar penyidik KPK yang membawa ketiga pejabat ini.

Selain ketiga pejabat itu, penyidik KPK juga terlihat membawa satu koper warna hijau dan tas kecil. Diduga koper dan tas tersebut berisi dokumen penting berkaitan dengan kasus dugaan korupsi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko belum bisa memberikan keterangan terkait OTT KPK ini. “Maaf kegiatan instansi lembaga KPK, saya tidak bisa menyampaikan di luar kapasitas dan saya belum dapat info,” katanya.

Sebelumnya, Plt juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan ada penangkapan kepala daerah di Sidoarjo. Mereka ditangkap terkait kasus pengadaan barang dan jasa. “KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Mereka diamankan terkait pengadaan barang dan jasa,” katanya. pur, ine, ant, ins