Maksimalkan Koordinasi, Risma Perintahkan Seluruh Kelurahan di Surabaya Pasang Rig

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini setelah melakukan doa bersama di Taman Surya Surabaya, Kamis (2/1/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Guna memaksimalkan komunikasi dan koordinasi, Pemkot Surabaya akan memasang alat komunikasi rig di seluruh kelurahan, kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Surabaya. Rig ini akan dinyalakan selama 24 jam penuh untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

“Jadi, saya akan pasang alat komunikasi rig di kecamatan, kelurahan, kantor OPD. Seluruhnya tidak boleh mati 24 jam, harus terpantau terus,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini setelah melakukan doa bersama di Taman Surya Surabaya, Kamis (2/1/2020).

Risma menambahkan, pihaknya akan melakukan antisipasi bencana. Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat waspada dengan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut tahun 2020 akan terjadi bencana.

Selain itu, lanjut dia, setiap kelurahan dan kecamatan akan disambungkan dengan solar cell yang menyalakan satu komputer, satu lampu, dan satu rig. Hal tersebut dilakukan dengan harapan agar rig yang sudah terpasang tidak pernah mati dalam kondisi apa pun. “Jadi, rig itu tidak boleh mati agar bisa terpantau 24 jam,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, Risma juga memberi arahan khusus untuk camat, lurah dan OPD tentang antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Risma juga memerintahkan agar peralatan untuk menghadapi bencana dipindahkan ke kantor kecamatan ataupun kelurahan. “Semua itu kami lakukan agar lebih dekat dengan masyarakat dan lebih efektif sehingga kami semua bisa selamat tanpa ada kejadian apa pun,” ujarnya.

Risma juga mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada, terutama para nelayan, warga yang berada di tepi sungai dan laut. “Makanya, ayo kita pandai-pandai membaca alam, untuk menyelamatkan diri kita dan keluarga kita. Semoga kami semua selamat tanpa ada kejadian apa pun,” katanya. pur