Longsor Akibat Hujan Sambut Tahun Baru di Pamekasan

Hujan deras disertai angin kenacang mengguyur sejumlah wilayah di Pamekasan. Salah satunya di Kecamatan Waru. Huja deras disertai angin mengakibatkan longsor dan pohon tumbang.

PAMEKASAN (global-news.co.id)- Memasuki tahun baru, sejumlah wilayah Kabupaten Pamekasan diguyur hujan sangat deras disertai angin kencang. Di Kecamatan Waru, hujan deras disertai angin kencang, Rabu (1/1/2020)  mengakibatkan pepohonab tumbang dan longsor ringan di sejumlah tempat.

Derasnya air hujan juga mengakibatkan pagar Puskesmas Waru roboh. Menurut penuturan salah seorang warga, Hidayat, longsor di Kecamatan Waru terjadi lima kali longsor di tiga titik di antaranya, dua titik di Desa Waru Barat dan satu titik di Desa Waru Timur.

“Akibat hujan yang lama menerjang Kecamatan Waru dari pukul 17.00 kemarin hingga pukul 05.00 ini mengakibatkan bencana itu,” kata Hidayat seperti dikutip dari Tribun Madura.

Hidayat mengutarakan, pagar Puskesmas Waru dan Kompresor di salah satu bengkel yang berada di Desa Waru Barat sampai terbawa arus. “Ada pohon tumbang juga depan SMP Waru. Dalam kejadian ini tidak ada korban,” ujarnya.

Penjabat Sementara (Pjs) Danramil 0826 Waru, Letda Chb Firdausi mengatakan, semua personel Koramil dikerahkan bekerjasama dengan anggota Polsek Waru dan masyarakat setempat. Beruntungnya tidak ada korban jiwa. “Kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujar Firdausi.

Firdausi mengatakan, prioritas utama saat evakuasi adalah melakukan pemotongan pohon yang roboh ke jalan raya dan membersihkan material tanah yang longsor ke jalan raya agar lalu lintas kembali normal. “Tebing atau tanah yang longsor itu berukuran panjang 5 meter dan lebar 2 meter,” ungkap dia.

“Sehingga mengakibatkan bengkel tambal ban milik Pak Hadi warga Dusun Tobalan 1, Desa Waru Barat, bangunan bengkelnya separuh terkena longsor,” ujarnya.

Diungkapkan lebih jauh oleh Firdausi, lamanya hujan yang mengguyur, membuat Pagar Puskesmas Waru yang berada di Desa Waru Barat, dengan ukuran panjang 6 meter ikut roboh. “Selain pagar puskemas ada juga pohon sengon berukuran 12 meter tumbang di depan SMPN 1 Waru, sehingga arus lalu lintas yang menghubungkan antara Kecataman Waru terganggu,” bebernya.

Polwan Bagi-bagi Kotak

Sementara itu sebelumnya, pelaksanaan malam pergantian tahun di sejumlah wilayah khususnya di pusat Kota Pamekasan, berlangsung tertib.  Pengamanan yang dilakukan anggota Polres Pamekasan maupun Polsek Jajaran tidak menemukan gangguan keamanan selama malam pergantian tahun.

Sementara itu, para anggota Polwan Polres Pamekasan menggelar aksi bagi-bagikan nasi kotak kepada para tukang becak dan tukang ojek di seputar Kota Pamekasan, Selasa (31/12/2019) malam.

Kapolres Pamekasan melalui Kasubbag Humas AKP Nining Dyah PS mengungkapkan, kegiatan berbagi ini bertujuan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat, juga untuk mengajak masyarakat agar peduli terhadap sesama. “Kegiatan ini tidak lain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, dan kegiatan ini murni dari pak Kapolres,” kata AKP Nining Dyah PS.

Disela-sela pembagian nasi kotak tersebut, para Polwan memberikan himbauan Kamtibmas. “Mari di malam pergantian tahun ini, kita bersama-sama menjaga kondusifitas khususnya di Kabupaten Pamekasan,” tuturnya. trb, mdi, ins