Harun Masiku Dikabarkan Berada di Indonesia, KPK Siap Telusuri Informasi

JAKARTA (global-news.co.id) – Rumor Harun Masiku tidak berada di luar negeri melainkan sudah masuk ke Indonesia mulai diseriusi  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga anti siap ini siap menelusuri semua informasi mengenai tersangka kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) Caleg PDIP Harun Masiku. Termasuk kabar keberadaannya di Indonesia.

Ketua KPK Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri berharap masyarakat memberikan informasi yang diketahui mengenai keberadaan Harun Masiku. Informasi itu dinilai penting untuk membawa Harun Masiku menjalani proses hukum di KPK.

“Kita akan telusuri, kita akan terima apapun informasi yang masuk, dan kita akan crosscheck lagi atas kebenaran informasinya,” ujar Firli di Gedung KPK Jakarta, Senin (20/1/2020).

Dia menuturkan, KPK telah menetapkan Harun Masiku masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Dia berharap Harun kooperatif menjalani proses hukum. “Kami sungguh-sungguh berharap sumbangsih informasi dari seluruh masyarakat,” ucapnya.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan sejumlah tersangka, termasuk mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Sebelumnya KPK juga telah mengeluarkan surat permintaan bantuan pencarian Harun Masiku kepada Polri. Nantinya surat tersebut akan diteruskan kepada Sekretariat National Central Bureau (NCB)- Interpol Indonesia.

Firli mengatakan, saat ini penyidik KPK masih terus memburu Harun Masiku. Dia menuturkan, para tersangka yang melarikan diri ke luar negeri pasti akan kembali ke Indonesia. Tersangka korupsi, menurut dia, berbeda dengan pelaku pembunuhan dan terorisme. Pelaku pembunuhan dan teror, Firli menyebut, siap tidur di hutan, sedangkan tersangka korupsi tidak.

“Kalau pelaku korupsi, dia akan berapa pun kerugiannya pasti kembali ke Indonesia. Tinggal kita meminta bantuan aparat penegak hukum khususnya Polri. Mereka yang punya jejaring, kita juga sudah meminta bantuan untuk mencari keberadaan tersangka,” tuturnya.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyatakan siap menggandeng Interpol guna mencari Harun Masiku. Pencarian itu, menurut dia, akan terlaksana apabila KPK telah mengirimkan surat resmi perihal permintaan bantuan itu kepada Polri. ejo, ine