KBS Diserbu 40 Ribu Pengunjung, THP Kenjeran 15 Ribu

Ribuan warga memadati KBS untuk mengisi liburan Tahun Baru 2020, Rabu (1/1/2020).

Momentum libur Tahun Baru 2020 dimanfaatkan menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satu destinasi wisata yang menjadi jujugan masyarakat yakni Kebun Binatang Surabaya (KBS), Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

 

Masyarakat biasa memanfaatkan momen libur tahun baru 2020 dengan berkunjung ke tempat wisata. Salah satunya Kebung Binatang Surabaya (KBS), yang hingga kini masih menjadi primadona bagi warga Surabaya dan sekitarnya untuk berlibur bersama keluarga.

Pengamatan di lokasi, pengunjung KBS cukup memenuhi bagian luar dan dalam tempat wisata. Banyak dari pengunjung yang sampai menggelar tikar seperti melakukan piknik.

Kepala Seksi Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya, Wini Hustiani mengatakan jika hari ini, pengunjung KBS mencapai 40 ribu orang. puluhan ribu pengunjung tersebut lebih banyak dibandingkan liburan Natal dan tahun baru pada 2018.

“Tahun baru ini targetnya 70 ribu pengunjung, tapi ini sudah ada 40 ribu pengunjung yang masuk,” kata Wini saat ditemui di KBS, Rabu (1/1/2020).

Biasanya, Wini menyebut pengunjung KBS sempat naik turun. Mulai dari belasan ribu hingga puncaknya pada 29 Desember yang mencapai 38 ribu pengunjung.

Sementara untuk menyambut momentum libur Nataru ini, Wini menyebut menyiapkan berbagai tari-tarian tradisional khas Indonesia. di sini, pengunjung tak hanya berwisata edukasi tentang satwa, namun juga tentang budaya.

“Ini baru kita angkat tema lestari satwaku, lestari budayaku. Ada beberapa tarian yang ditampilkan misalnya dari Bali ada Tari Pendet, Tari Legong, Tari Cenderasih, dari Jawa ada Tari Gandrung, kemudian kalau Papua ada tarian Papua, ada tarian Sumatra tari Piring,” papar Wini.

Sedangkan untuk spot yang paling disukai pengunjung, Wini menambahkan gajah masih menjadi primadona. Selain itu, harimau sumatra, jerapah dan beruang juga cukup diminati.

“Yang paling disuka ada elephant, ada giraffe, harimau sumatera, baru beruang. Kalau saya melihat setiap tahun baru pasti padat walaupun targetnya selalu terlampaui, saya melihat KBS masih menjadi destinasi favorit karena letaknya di tengah kota,” lanjut Wini.

Salah satu pengunjung, Fitri mengatakan dirinya memang sengaja mengajak keluarga dan keponakan berkunjung ke KBS. Selain untuk mengisi waktu liburan, Fitri juga ingin mengenalkan keberagaman satwa kepada keponakannya. “Seneng sih, di sini banyak satwa lucu-lucu. Jadi adek sama keponakan seneng. Terus ada spot untuk selfie-selfie juga,” tutur Fitri.

Selain KBS, ribuan pengunjung juga memadati Taman Hiburan Pantai Kenjeran (THP Kenjeran). Untuk libur tahun baru, Rabu, (1/1/2020), sekitar 15 ribu pengunjung mendatangi THP Kenjeran.

Kepadatan pengunjung ini sudah mulai terlihat dari pintu gerbang Pantai Mentari. Dari yang mengunakan sepeda motor sampai mobil rela menembus kemacetan untuk sampai di THP Kenjeran.

Setelah memasuki kawasan THP Kenjeran, mulai dari pintu masuk pengunjung terlihat berjejal. Didalam pun sudah ada lautan manusia bersama keluarganya yang siap menghabiskan waktu liburan di THP Kenjeran.

Wisata pantai di Surabaya ini juga menyediakan beberapa hiburan untuk pengunjung. Seperti hiburan musik orkes di panggung utama, hiburan rakyat reog dan jaranan.

Salah satu pengunjung, Rahmawati yang berasal dari Surabaya mengungkapkan, THP Kenjeran merupakan kunjungan wajib baginya dan keluarga di musim libur. “Anak-anak selalu minta ke sini. Jadi, sebagai orang tua hanya mengikuti saja,” kata warga Surabaya barat ini.

Sementara, Dedik Kurniawan, Koordinator Pendapatan THP Kenjeran menyebutkan sejak dibuka pukul 07.00 pengunjung sudah banyak yang datang. “Untuk hari ini sudah ada sekitar 15 ribu pengunjung yang datang. Jumlahnya hampir sama dengan tahun kemarin dan sesuai prediksi,” ujarnya.  det, ngo, nas