Hujan Deras, Jakarta Banjir Lagi

Sejumlah wilayah di Jakarta banjir setelah hujan mengguyur wilayah tersebut.

JAKARTA (global-news.co.id) – Sejumlah kawasan di Ibukota kembali dilanda banjir, Sabtu (18/1/2020) pagi. Banjir merendam beberapa wilayah, di antaranya Kebon Jeruk, Petamburan, Kramat Jati.

Menurut Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno, sejauh ini di wilayahnya terpantau ada dua titik banjir. Kawasan Kebon Jeruk yang terdampak banjir paling tinggi.

Tepatnya di RT 05 RW 01, banjir menggenang setinggi dada orang dewasa. Pihaknya pun melakukan evakuasi di sana bersama tim gabungan. “Untuk sementara di Kebon Jeruk (yang banjirnya paling tinggi di Jakbar),” katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (18/1/2020).

Selain di sana, ada juga banjir di kawasan Jalan Tanjung Duren Raya, tepatnya di jalan raya di depan kantor pemadam kebakaran. Air di sana setinggi 20 cm. Kendaraan masih bisa melintas namun diminta untuk berhati-hati.

Sejauh ini, lanjut Eko, belum ada wilayah lain di Jakarta Barat yang terdampak. “Di Tanjung Duren itu di depan kantor pemadam,” katanya.

Hujan yang mengguyur Jakarta juga mengakibatkan banjir di wilayah Jalan Inerbang, Batu Ampar Kramat Jati Jakarta Timur. Banjir menggenang setinggi 35 sentimeter. Bahkan, air masuk ke dalam Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala, yayasan yang menjadi tempat pendidikan anak-anak disabilitas ganda. Banjir masuk ke dalam selasar dan ruang-ruang di yayasan itu, termasuk ke bagian dapur.

Kemudian banjir juga terjadi di kawasan Jalan Cikini Raya. Kendaraan yang ingin melintas di sana sempat terkendala. Namun, air kini mulai surut karena dilakukan penyedotan. “Genangan air sedalam 20 cm di Jalan Cikini Raya. Panjangnya sepanjang 50 meter,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Hardisiswan saat dikonfirmasi wartawan.

Hujan yang mengguyur Jakarta juga mengakibatkan banjir di beberapa titik di kawasan Jakarta Pusat. Banjir tertinggi terdapat di kawasan Petamburan 2. Ada empat RT di RW 03 samping Kelurahan Petamburan yang terdampak banjir. Banjir setinggi lutut orang dewasa. Namun perlahan air mulai surut. “Yang tergenang empat RT,” ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Hardisiswan saat dikonfirmasi wartawan.

Lalu, banjir juga melanda kawasan Jalan Percetakan Negara depan Kantor RW 06 Johar Baru. Ketinggian air mencapai 30 cm, tapi sudah berangsur surut. Selain banjir, ada juga pohon tumbang di kawasan Jalan Tegal, Menteng Jakarta Pusat buntut hujan semalam. Pohon Asam Jawa setinggi kurang lebih 4 meter itu mengenai kabel PLN yang ada di tiang lisrtik.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian ini. Evakuasi telah dilakukan dengan cara memotong pohon. Pihak Sudin PKP dibantu pihak PLN mematikan aliran listrik di kabel sebelum evakuasi dilakukan. “Diameter pohon kurang lebih 80 cm,” katanya. bej, ine, ins