Bupati Sidoarjo Tiba di KPK untuk Jalani Pemeriksaan

Saiful Illah tiba di Gedung KPK Rabu (8/1/2020) sekitar pukul 09.15 dan berjalan santai menuju ke dalam Gedung KPK.

JAKARTA (global-news.co.id) – Bupati Sidoarjo Saiful Illah tiba di Gedung Merah Putih KPK, pada Rabu (8/1/2020)  usai terjaring OTT,  Selasa (6/1/2020) malam.

Saiful tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.15,  mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam dan berjalan santai menuju ke dalam Gedung KPK.

Dia akan menjalani pemeriksaan lanjutan setelah pemeriksaan awal dilakukan di Mapolda Jawa Timur bersama pihak lainnya. Saiful berkomentar sedikit soal dugaan suap yang melibatkannya. “Saya belum tahu. Saya belum tahu,” ujar Saiful singkat.

Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) perdana di 2020 pada era pimpinan KPK Firli Bahuri dkk. Kali ini, Tim Satgas menangkap Bupati Sidoarjo Saiful Illah bersama beberapa pihak lainnya.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa Tim Satgas berhasil mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo.

Belasan orang yang diamankan tersebut kemudian dimintai keterangan di Mapolda Jatim untuk kemudian diterbangkan ke Gedung KPK Jakarta.

Firli menuturkan bahwa transaksi diduga berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa. KPK memiliki waktu 1×24 jam setelah ditangkap untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan.

OTT Selasa malam kemarin merupakan tangkap tangan pertama dalam era kepemimpinan Ketua KPK Firli Bahuri setelah dilantik pada Desember 2019. OTT terakhir kali  KPK  dilakukan pada Oktober 2019 lalu saat menjerat Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin. bej, ins, ine