Bupati Badrut Tamam Launching CVCU RSUD Smart

Bupati Badrut Tamam didampingi Direktur RSUD Farid Anwar dan Sekdakab Totok Hartono meninjau ruang CVCU.


PAMEKASAN (global-news.co.id) – RSUD Dr Slamet Martodirjo (Smart) terus mengembangkan diri. Jumat (3/1/2020) pagi tadi Rumah Sakit rujukan di Madura ini melaunching pelayanan baru bernama Cardio Vascular Care Unit (CVCU) atau unit instalasi khusus penyakit jatung. Launching dilakukan oleh Bupati Pamekasan Badrut Tamam.

Direktur RSUD Smart Dr Fard Anwar mengungkapkan rumah sakit yang dipimpinnya akan terus melakukan inovasi guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Khususnya bagi penderita penyakit jantung yang tiap haris terus bertambah. Selama ini ruang perawatan intensif penderita jantung bersama di ruang ICU secara umum. Kini ada ruang intensif tersendiri.

Dia bilang rumah sakit yang dipimpinnya mempunyai visi terwujudnya rumah sakit terdepan dalam pelayanan. Misinya memberikan pelayanan kesehatan dengan cepat, bermutu dan terjangkau. Yang kedua menyelenggarakan pendidikan kesehatan dan penelitian. Artinya di samping memberikan pelayanan kepada masyarakat juga memberikan pendidikan.

“Pada tahun 2016, di bidang pelayanan RSUD Smart sudah terakreditasi, lulus paripurna. Sedangkan 2019 rumah sakit ini divisitasi untuk menjadi rumah sakit pendidikan oleh Kemenkes RI. Kini tinggal menunggu hasilnya. Respon dari Kemenkes RI sangat bagus atas program pengembangan di RSUD Smart Pamekasan,” kata Farid.

Terkait dengan Launching Ruang CVCU Farid mengungkapkan sudah mempunyai sumber daya manusia yang andal, di antaranya 2 orang dokter spesialis jantung. Di Madura, kata dia, hanya RSUD Smart yang mempunyai spesialis jantung. Dan untuk memaksimalkan kualitas pelayanan telah disiapkan juga 12 tenaga yang akan ditempatkan di CVCU ini.

“Gedung ruang CVCU dibangun dari dana DBHCT. Anggaranya sebesar Rp. 1.216.410.200. Alat kesehatan Rp 2.725.100.000. Total anggara untuk pelayanan gedung sebesar Rp 3.941.141.200. Tempat tidurnya masih ada 8. Harapan kami dengan dibukanya layanan CVCU ini masyarakat bisa tertolong lebih cepat,” ungkapnya.

Bupati Badrut Tamam mengaku pelayanan bidang kesehatan bagian dari prioritas utama pembangunan Pamekasan. Sebagai prioritas akan kita terus digenjot agar memberi pelayanan yang makin baik bagi masayrakat. Untuk itu, kata dia, maka perlu dilakukan pengkajian lebih dalam lagi agar rumah sakit ini lebih baik lagi dalam meberikan pelayanan.

Setelah pelayanan sudah bagus ditambah lagi launching CVCU, kata Badrut, maka perlu melakukan beberapa langkah untuk memperbaiki hal yang belum sempurna. Tahun berikutnya, kata dia, harus evaluasi untuk diperbaiki. Sumber daya manusianya juga diperbaiki. Karenanya dia mengucapkan termakasih kepada semua pihak yang menjadikan RSUD Smart semakin bagus, pelayanan makin excellent.

“Pemkab Pamekasan ucapkan terima kasih atas launching Cardio Vaskular Care Unit pagi ini, mudah-mudahan jadi pelayanan yang excellent bagi masyarakat memberi manfaat yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (mas)