12 Kab/Kota di Jatim Disapu Puting Beliung, Surabaya dan Sidoarjo Paling Parah

BPBD Jatim mencatat 12 kab/kota diterjang angin puting beliung dan hujan deras, Minggu (5/1/2020) . Dari wilayah yang terdeteksi itu, Surabaya termasuk kena imbas paling parah.

SURABAYA (global-news.co.id) – BPBD Jatim mencatat 12 kab/kota diterjang angin puting beliung dan hujan deras, Minggu (5/1/2020) . Dari wilayah yang terdeteksi itu, Surabaya kena imbas paling parah. Selain banyak pohon dan tiang listrik bertumbangan, juga terjadi pemadaman listrik di hampir sebagian wilayah sejak sore hingga malam hari.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono mencatat berdasarkan data yang masuk di BPBD Jatim hingga Minggu malam ada 12 kabupaten dan kota yang terkena angin kencang.

Sejumlah daerah tersebut yakni Sidoarjo, Surabaya, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Magetan. Selanjutnya ada, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Pamekasan.

“Total yang masuk ke kami sampai Minggu malam ada 12 kabupaten dan kota di Jawa Timur yang terdampak angin kencang,” ujar Suban Wahyudiono melalui siaran pers yang diterima redaksi, Senin (6/12/2020).

Dari 12 daerah di Jawa Timur yang terdampak angin kencang, wilayah Sidoarjo dan Surabaya menjadi yang terparah. Di Sidoarjo misalnya, sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa titik di antaranya, Rel Delta Sari Waru Gedangan, Jalan Trosobo, Kecamatan Taman, Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, dan Desa Barengkrajan, Kecamatan Krian.

Sementara di Kota Surabaya, dampak angin kencang terjadi di antaranya di Jalan Kebonsari dan Jalan Ahmad Yani. Tak hanya itu, sejumlah tiang listrik juga dinyatakan roboh. Alhasil sejumlah titik di Sidoarjo dan Surabaya mengalami pemadaman mulai sore hingga malam hari.

Sementara itu di Kabupaten Bojonegoro, sebuah pohon dengan tinggi 3 meter roboh dan menutup akses Jalan Raya Bojonegoro – Surabaya, tepatnya di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen. Tak hanya itu, pohon yang roboh melukai seorang pengendara sepeda motor yang melintas dan harus dibawa ke rumah sakit terdekat.

Pohon yang roboh juga membuat arus lalu lintas dari kedua arah sempat lumpuh total. Sejumlah kendaraan tak bisa bergerak lantaran pohon menutup seluruh badan jalan. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bojonegoro pun bergerak cepat mengevakuasi pohon yang menutup badan jalan raya.

Di Lamongan, angin kencang merusak satu unit rumah di Desa Kedung Megarih, Kecamatan Kembangbahu. Dua unit bangunan warung masing-masing di Dusun Cemkepak, Desa Banyupelle, Kabupaten Pamekasan dan Desa Rejosari, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, juga dilaporkan rusak tertimpa pohon yang tumbang. “Dari seluruh kejadian angin kencang di Jawa Timur, tidak ada laporan adanya korban jiwa. Tapi kami tetap imbau untuk selalu waspada dan terus meningkatkan pengawasan,” pungkas Suban. tis, tri