Uji KIR di Lamongan Bisa via Online

Bupati Lamongan saat menyerahkan surat uji KIR, Rabu (25/12/2019).

LAMONGAN (GN) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan, benar-benar memanfaatkan era digital. Langkah konkritnya adalah memberikan dan mempermudah pelayanan bagi pemilik kendaraan berpelat nopol S (Lamongan, red) untuk uji KIR online.

“Pendaftarannya cukup dengan menggunakan ponsel berbasis android di www.ujikirlamongan.go.id,” ujar Kepala Dishub Lamongan Ahmad Farikh, Rabu (25/12/2019).

Menurut Farikh, melalui sistem ini mempermudan proses pengujian KIR bagi masyarakat. Proses juga lebih cepat. “Sistem ini bertujuan untuk permudah pelayanan bagi pemilik kendaraan, sekaligus mencegah terjadinya pemalsuan buku uji KIR,” katanya.

Kendaraan yang berada di luar kota pada saat jatuh tempo uji KIR tetap bisa dilakukan dengan sistem ini. Kartu uji dan barcode tanda lulus yang ditempelkan pada kendaraan wajib uji. “Pemilik kendaraan dapat terhindar dari denda keterlambatan dalam tempo 3 × 24 jam,” ungkapnya.

Program yang ditelorkan Dishub ini sudah siap dimanfaatkan para pemilik kendaraan. Layanan ini telah dilaunching bukti lulus uji elektronik (BLUe) terhadap kendaraan wajib uji. “Pak Bupati (Lamongan Fadeli) juga melaunching bukti lulus uji elektronik (BLUe),” katanya.

Pada sistem ini pemilik kendaraan memperoleh bukti lulus uji berupa sertifikat lulus uji, kartu uji dan barcode tanda lulus yang ditempelkan pada kendaraan wajib uji. Dengan aplikasi BLUe, maka bukti kendaraan yang sudah lolos uji emisi di Lamongan kini sudah paperless, tanpa kertas.

“Kendaraan yang lolos uji emisi cukup dipasangi kode batang. Kode batang ini menampilkan spesifikasi, status uji emisi, hingga foto kendaraan,” ungkapnya.

Melalui sistem ini, Dishub Lamongan bisa secara realtime dalam melaporkan ke Dishub Jatim dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat “Ini mempermudah semua pihak,” katanya.   trb