Ribuan Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Masjid Al Akbar

Warga melihat gerhana matahari cincin di Masjid Al Akbar, Kamis (26/12/2019).

SURABAYA (global-news.co.id) – Antusiasme warga Surabaya untuk melihat gerhana matahari cincin cukup tinggi.  Ribuan warga tampak memadati Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sejak pagi. Apalagi jauh-jauh hari, informasi untuk nonton bareng gerhana matahari cincin ini sudah diumumkan ke warga sekitar.

“Kami menggelar acara nonton bareng dalam dua sesi . Pagi jam 10.00 – 11.45 . Setelah itu break salat duhur dan istighasah. Setelah itu dilanjutkan lagi sesi kedua pukul 13.00-14.00,” kata Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Helmy M Noor, Kamis (26/12/2019).

Helmy memperkirakan ribuan warga yang  menonton gerhana matahari cincin hingga menjelang sore. Salah satu pengunjung, Diana (18) mengaku baru pertama kali melihat gerhana matahari cincin. Dia mengapresiasi pihak masjid yang menyelenggarakan nonton bareng gerhana matahari. Apalagi fasilitas yang diberikan juga termasuk lengkap. “Dengan adanya teropong, masyarakat bisa melihat langsung,” ujarnya.

Selain bisa mengisi liburan, dia ikut gabung acara tersebut karena ingin melihat fenomena gerhana matahari yang langka itu. “Ya kebetulan ini kan masih liburan. Saya sih bisa lihat sendiri di rumah tapi kan lebih enak nonton bareng bersama teman-teman. Apalagi ini fenomena langka. Saya dapat selfi dengan background gerhana matahari secara realtime lewat layar lebar,” terangnya.

Masjid Al Akbar menyiapkan 9 teropong untuk melihat fenomena alam ini. Kesembilan teropong ditempatkan di atas panggung berukuran 99 meter dan dibimbing 9 ahli falak LFNU Jatim/ahli astronomi. Selain itu dibagikan secara gratis 99 kacamata gerhana. nas, tis