Proyek Box Culvert Gresik Terancam Molor

G

Salah satu proyek box culvert di perkotaan Gresik masih belum juga rampung.

RESIK (global-news.co.id) – Pembangunan proyek box culvert di perkotaan Gresik terancam molor. Pasalnya, hingga jelang tutup tahun 2019 sejumlah proyek terlihat belum juga rampung.

Proyek tersebut berada di depan RSUD Ibnu Sina, di depan Kantor Pemkab Gresik jalan Dr. Wahidin SH, di jalan Panglima Sudirman Gresik, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Hos Cokroaminoto (pertigaan Suling), dan sejumlah titik lain.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim menyatakan, dewan telah berkali-kali mewanti-wanti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dalam hal ini Bidang Bina Marga agar bisa menuntaskan sejumlah proyek saluran air tepat waktu. “Mengingat sejumlah pekerjaan proyek saat kontrak dilaksanakan molor. Sehingga, kami khawatirkan tak bisa rampung tepat waktu,” katanya.

Dia kemudian menyontohkan proyek pemansangan box culvert raksasa di depan RSUD dan Kantor Pemkab Gresik. Proyek itu belum tuntas hingga sekarang. Padahal, saat ini sudah memasuki bulan Desember atau menjelang tutup buku penggunaan anggaran 2019. “Ini sudah bulan Desember. Gimana progresnya, kok belum rampung. Apalagi saat ini sudah mulai turun hujan, apa benar pelaksana bisa menuntaskan tepat waktu kalau sudah turun hujan terus,” ungkapnya, Rabu (4/12/2019).

Terkait hal ini, Nurhamim meminta komisi terkait agar mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk memastikan apakah proyek-proyek dimaksud bisa diselesaikan sesuai target yang telah ditetapkan.

Sementara Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Gresik, Dianita Trihastuti memastikan sejumlah proyek box culvert (saluran air) yang menjadi wewenangnya di wilayah perkotaan akan rampung on schedule. “Rata-rata kontrak sampai 25 Desember. Saya janji bisa rampung sesuai kontrak,” katanya.  bgs