Pengelola Data Diskominfo Jatim Kunjungi IT Center BP Batam

Kunjungan Tim Pengelola Data dan Statistik Diskominfo Jatim ke IT Center BP.Batam, Kamis (19/12/2019).

SURABAYA (global-news.co.id) – Untuk mewujudkan layanan pengelolaan data dan sistem informatika yang terintegrasi dalam mewujudkan program Jatim Cettar (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan dan Responsif), Tim Pengelola Data dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim melakukan kunjungan ke kantor pusat IT Center Badan Pengusahaan (BP) Batam di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Statistik Diskominfo Jatim Rudi Prasetya menjelaskan sengaja IT Center BP Batam dipilih menjadi rujukan, karena lembaga ini sudah melakukan pengelolaan sistem informatika dan data secara terpadu serta satu pintu.
“Sistem pengelolaan seperti inilah yang nantinya akan mendukung cepat terwujudnya program East Java Smart Province (EJSP) yang telah dicanangkan oleh Pemprov Jatim, karena memerlukan dukungan terwujudnya program satu data Provinsi Jatim dari Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jatim,” terangnya, Kamis (19/12/2019).

Disampaikannya, IT Center BP Batam merupakan layanan yang dimiliki oleh unit Pusat Pengolahan Data dan Sistem Infomasi BP Batam. Layanan IT Center BP Batam terdiri atas Data Center dan Training Center.
IT Center BP Batam berawal dari pengembangan proyek e-Government oleh BP Batam yang menggunakan fasilitas TIK dengan teknologi tinggi dan canggih, sehingga menjadikan IT Center BP Batam sebagai bentuk inovasi bisnis TIK bagi BP Batam.

Rudi menambahkan, sama halnya dengan IT Training Center BP Batam, Diskominfo Jatim sebenarnya sudah memiliki fasilitas Training Center bagi masyarakat, namun karena kapasitasnya yang masih terbatas sehingga pemanfaatannya oleh masyarakat kurang maksimal.
“Kami kesini ingin belajar banyak hal terkait pengelolaan Training Center yang pemanfaatannya bukan hanya untuk masyarakat, namun juga kalangan pelaku usaha dan industrialisasi,” katanya.

Rudi mengapresiasi IT Center BP Batam yang telah memiliki fokus bisnis sebagai penyedia layanan data center di Indonesia secara eksternal dan menerapkan seluruh proses layanan operasional dari sisi IT based dari sisi internal. “Ini membuktikan layanan sistem informatika dan pengelolaan data sudah menyesuaikan kebutuhan pelaku usaha. Kami ingin seperti ini,” terangnya. tis