Masuk Musim Hujan, Tim Patroli Air Gencar Pantau Kondisi Kali Surabaya

Relawan dari Garda Lingkungan Jatim gencar memantau titik pembuangan limbah baik yang berada di sungai atau di darat.

SURABAYA (global-news.co.id)-  Memasuki musim penghujan, Tim Patroli Air Terpadu Jatim gencar memantau aktivitas perusahaan di sepanjang Kali Surabaya.

“Biasanya musim hujan seperti saat ini, perusahaan atau pabrik berlomba untuk membuang limbah langsung ke kali Surabaya tanpa melalui proses penjernihan,” kata Ketua Tim Patroli Air Terpadu Jatim Imam Rochani di Surabaya, Kamis (26/12/2019).

Dikatakan Imam,  curah hujan yang tinggi di berbagai wilayah seperti Jombang,  Mojokerto dan Gresik membuat debit air Kali Surabaya besar. Kondisi ini biasanya dimanfaat para perusahaan ‘nakal’ untuk membuang limbah cair langsung ke sungai.

“Buangnya tidak tentu bisa malam,  atau sore, tapi kalau hujan lebat sering terjadi, mereka akan melakukan pembuangan,” ungkap Imam.

Karena itu,  Imam mengaku menyiapkan sejumlah relawan dari Garda Lingkungan Jatim, guna memantau titik pembuangan limbah baik yang berada di sungai atau di darat. “Relawan Garda Lingkungan, akan melaporkan ke kami kalau ada aktivitas pembuangan limbah di darat dan sungai termasuk dampak yang diakibatkan, seperti ikan mabuk atau mati,” tuturnya.

Pada Senin (23/12) lalu, Tim Patroli Air Terpadu Jatim melakukan patroli runtin. Dalam kegiatan itu,  tim berhasil menemukan aliran air PT Sarimas Permai yang beralamat di Jl Mastrip Warugunung No 23 Warugunung, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya membuang air yang diduga limbah.

“Baunya menyengat, keruh dan berminyak. Waktu kita ambil sampel masih hangat. Hasil sementara test lab sampling pt PH 5.5  suhu 32,” kata Wagito, anggota Tim Patroli Air Terpadu Jatim. nas, ani