MAS Gelar Nobar Gerhana Matahari Cincin

MAS akan menggelar Salat Gerhana Matahari, Kamis (26/12/2019).

SURABAYA (global-news.co.id) – Fenomena alam diperkirakan kembali terjadi di langit Indonesia. Gerhana Matahari Cincin (GMC) bakal menyambangi sejumlah wilayah di Indonesia pada 26 Desember 2019. Sementara, sebagian daerah lain di Indonesia hanya bisa mengamati gerhana matahari sebagian.

Nantinya, masyarakat akan disuguhi dengan fenomena ‘cincin api’. Sebab, bayangan Bulan hanya menutupi bagian tengah Matahari dan menyisakan pemandangan bagian cerah serupa cincin api di angkasa.

Untuk bisa fenomena ini, Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) menyiapkan nonton bareng (Nobar) Gerhana Matahari Cincin. Selain itu, MAS juga akan menggelar Salat Gerhana Matahari, Kamis (26/12/2019) hari ini. “Imam dan khatib salat gerhana nanti, KH A Muzakky Al Hafidz,” terang Humas MAS, Helmy M Noor, Rabu (25/12/2019).

selain Salat Gerhana, tambah Helmy, pihaknya juga mengajak masyarakat belajar ilmu Astronomi dan nobar Gerhana Matahari Cincin. “Kami menyediakan 9 teropong untuk nonton bareng gerhana matahari nanti,” katanya.

Direncanakan, pelaksanaan nonton bareng tersebut digelar sejak pukul 10.00 Wib hingga pukul 14.00 Wib di Halaman Timur Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Kesembilan teropong nanti akan ditempatkan di atas panggung berukuran 99 meter dan dibimbing 9 ahli falak LFNU Jatim/ahli astronomi. “Kami juga akan membagikan secara gratis 99 kacamata gerhana. Selain itu, masyarakat dapat selfi dengan background Gerhana Matahari secara realtime lewat layar lebar,” terangnya. jtn, nas