Lewat 30 Hari, Barang Ketinggalan di Bandara Soetta Dimusnahkan

Barang milik penumpang Bandara Soekarno Hatta yang tertinggal atau dilaporkan hilang akan disimpan maksimal 30 hari tergantung jenisnya. Apabila tidak diambil dalam masa penyimpanan tersebut, maka barang tersebut akan disumbangkan atau dimusnahkan.

JAKARTA (global-news.co.id)  – Para penumpang atau pun pengunjung Bandara Soekarno-Hatta  harus lebih berhati-hati dan teliti dalam menjaga barang bawaannya. Jangan sampai, barang bawaan Anda tertinggal di bandara.

Hal itu agar barang bawaan Anda tidak bernasib sama seperti barang-barang yang berhasil diamankan petugas bandara. Di mana, kini barang tersebut dimusnahkan PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta.

Senior Manager of Branch Communication Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan, saat ini sudah ribuan item barang tercecer  yang tidak diambil kembali oleh pemiliknya telah dimusnahkan. Seperti pakaian, jam tangan, handphone, ikat pinggang, sepatu, power bank, topi dan lainnya. Barang-barang yang dihancurkan atau dimusnahkan dalam kategori tidak layak sebanyak 68 koli atau 5.227 item.

“Barang ini kita musnahkan dengan cara dibakar menggunakan mesin incenerator,” katanya di Garbage Plan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Senin ( 23/12/2019).

Ia menjelaskan, barang milik penumpang yang tertinggal atau dilaporkan hilang akan disimpan maksimal 30 hari tergantung jenisnya. Apabila tidak diambil dalam masa penyimpanan tersebut, maka barang tersebut akan disumbangkan atau dimusnahkan.

“Masa penyimpanan barang hilang atau tertinggal kategori barang dilarang (Prohibited items) adalah 30 hari kalender. Sedangkan, masa penyimpanan barang hilang kategori makanan dan barang berbahaya (Dangerous Goods) adalah maksimal 24 jam,” ujarnya.

Kendati demikian, para pemilik barang masih bisa mengambil barang yang tertinggal tersebut dengan cara mengisi formulir kehilangan pada aplikasi Indonesia Airports yang dapat diunduh di Playstore dan iOS, juga pada laman website https://soekarnohatta-airport.co.id.

“Kalau sampai batas waktu tertentu tidak diambil akan kita musnahkan. Tapi, ada pula yang kita sumbangkan ke yayasan sosial, bila barang tersebut masih layak guna,” ungkapnya. jef, bej, viv, ins