Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

JAKARTA (global-news.co.id) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia. Erick mengangkat Direktur Keuangan Garuda Indonesia Fuad Rizal menggantikan Dirut sebelumnya I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Erick Thohir

 

“Kita kompak lah dengan Kemenhub, Plt (Dirut Garuda Indonesia) Dirkeu. Internal sama dengan Pak Menhub, ini sementara,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Kementerian BUMN akan secepatnya menggelar Rapat Umum Pememgang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia. Menurut Arya, tidak hanya posisi Direktur Utama yang diperhatikan, tapi seluruh jajaran direksi menjadi sorotan. “Plt bukan waktu Etetap, yang utama nanti kita lihat siapa dirut dan direksi yang ditetapkan. Formasi baru belum tahu dan belum ada gambaran siapa yang jadi akan dirut,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memecat Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Hal tersebut terkait temuan onderdil sepeda motor Harley Davidson secara ilegal di pesawat Garuda Indonesia. “Saya memberhentikan saudara Dirut Garuda dan tentu proses dari pada publik akan dilanjutkan,” ujarnya di Kementerian Keuangan.

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tersandung masalah saat kedatangan pesawat terbarunya. Pesawat Airbus A330-900 yang dijemput dari Prancis tersebut membawa onderdil sepeda motor Harley Davidson yang bea dan cukainya tidak jelas. jef, okz