Fasilitas Dibenahi, Wisatawan Banjiri Wisata Goa Akbar

 

Sejumlah wisatawan saat menikmati keindahan Goa Akbar.

Memasuki musim libur sekolah serta Natal dan Tahun Baru (Nataru), lokasi wisata di Kabupaten Tuban ramai oleh pengunjung. Seperti di wisata alam Goa Akbar Tuban.

 

Para wisatawan di musim liburan Natal 2019 dan Tahun 2020, benar-benar dimanjakan oleh pengelola tempat wisata, terutama di Goa Akbar, Tuban. Beberapa objek wisata sebelumnya telah disulap menjadi lebih baik, bahkan dijamin para wisatawan bakal betah di lokasi tersebut.

Buktinya, meski harus menelusuri rute jalan setapak sejauh 1000 meter, wisata Goa Akbar masih dipadati wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur, maupun dari luar provinsi. Maklum eksotisme ornamen dalam goa yang unik dan indah berhiaskan lampu warna-warni, cukup menarik keingintahuan masyarakat. Terlebih di atas goa seluas 1 Hektar ini berdiri bangunan Pasar Besar Tuban.

Di dalam goa terdapat kolam air dan juga hewan penghuni goa, seperti kelelawar yang bergantung di cela-cela atap goa. Pemandangan itu membuat keasrian goa semakin tampak indah. “Sengaja datang kesini karena penasaran dan ingin tahu goa Akbar itu seperti apa,” kata pengunjung asal Surabaya, Lina, Rabu, (25/12/2019).

Menurut remaja itu, Goa Akbar memiliki daya tarik tersendiri. “Goanya luas sekali. Rutenya juga panjang, tapi menyenangkan,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu petugas jaga wisata Goa Akbar, Basir mengatakan, sudah sejak dua hari ini pengunjung wisata Goa Akbar meningkat bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Pagi ini saja, pengunjung sudah ada ratusan orang.

“Mulai kemarin pengunjung sudah mulai meningkat, rata-rata mereka datang ke Goa Akbar Tuban ini dengan rombongan,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) setempat melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan fasilitas tempat wisata menjelang libur akhir tahun 2019.

“Perbaikan dan penambahan fasilitas wisata ini untuk menunjang kenyamanan pengunjung wisata di Tuban. Utamanya saat libur Natal dan tahun baru nanti,” kata Kabid Pariwisata Disparbudpora Tuban, Suwanto.

Suwanto menjelaskan, sejumlah objek wisata Tuban sering mengalami peningkatan jumlah pengunjung saat musim liburan. Sebab itu, Pemkab mengembangkan fasilitas di tempat wisata unggulan untuk semakin menarik minat wisatawan, baik dari dalam ataupun luar kota.

“Ini salah satu antisipasi kita di musim libur akhir tahun nanti. Kita ingin pengunjung bisa nyaman dan betah dengan fasilitas wisata di Tuban ini,” bebernya.

Ditambahkan, ada tiga objek wisata yang saat ini dalam pengerjaan perbaikan dan penambahan fasilitas yaitu Goa Akbar, Kolam Pemandian Mbektiharjo dan Wisata Pantai Boom.

Di Goa Akbar saat ini dilakukan pembangunan ventilasi udara, pembuatan halaman panggung pementasan, penggantian lampu dalam goa dan pembersihan goa. Sementara di Pantai Boom dilakukan rehabilitasi Paving dan pengecatan ulang bangunan. “Sementara di pemandian Mbektiharjo dibangun pendopo dan perluasan lahan parkir,” tambah Suwanto.

Diharapkan pengembangan fasilitas wisata tersebut semakin membuat nyaman dan menarik minat pengunjung saat musim libur akhir tahun. Dengan demikian jumlah wisatawan yang datang ke Tuban makin bertambah.  tim