Darmawan Prasodjo Resmi Jabat Wakil Dirut PLN

JAKARTA (global-news.co.id) –  Sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Wakil Dirut PLN. Hal ini dibenarkan oleh Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah yang menyatakan bahwa mantan anak buah Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Staf Presiden (KSP) tersebut menjadi orang nomor dua di perusahaan listrik pelat merah ini.

Darmawan Prasodjo

“Ya, Wadirutnya Darmawan Prasodjo,” ujar Dwi di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (23/12/2019).

Sebelumnya, nama Darmawan Prasodjo alias Darmo ini sudah  santer dikabarkan menjadi Wakil Dirut PLN. Namun ketika dikonfirmasi kepada  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum Luhut Binsar Panjaitan terkait pencalonan nama tersebut, ia enggan menjelaskan apakah dirinya yang mengusulkan mantan anak buahnya tersebut untuk menjadi Wakil Dirut PLN.  “Saya yang ngusulin atau enggak ngusulin, kenapa saya kasih tahu kamu,” kata dia sembari tertawa.

Secara formal, hubungan Luhut dan Darmo terjadi di KSP pada 2015. Saat itu, Luhut menjadi Kepala KSP. Sedangkan Darmo menjadi deputi membantu kerja Luhut. Setelah Luhut bergeser menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Darmawan tetap menjadi deputi di KSP waktu sebelum menjadi Wakil Direktur Utama PLN.

Saat masih aktif di KSP, Darmawan juga masih menjabat sebagai anggota PDI Perjuangan. Sebelum Darmo, politikus PDIP lain telah lebih dulu masuk ke BUMN sektor energi, yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Sepak terjang Darmo di pemerintahan sebenarnya sudah dimulai sejak 2012. Saat itu, ia menjadi Chairman Millenium Development Goals 2012 Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan atau UKP4. Unit ini berada di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY langsung, yang menjadi cikal bakal KSP.

Wakil Dirut PLN baru ini telah bergabung dengan PDI Perjuangan, partai pengusung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sejak 2013. Tahun 2015, Darmo pun tercatat sudah masuk di lingkaran istana. Ia menjadi Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi, membantu Kepala KSP Luhut Binsar Panjaitan. jef, tmp, ins