Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Atasi Persoalan Sungai Brantas, Pemprov Kolaborasi dengan 16 PTN Lewat Format KKN

Gubernur Khofifah Indah Parawansa saat melepas 250 mahasiswa dari 16 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur yang mengikuti program KKN Kolaborasi Brantas Tuntas di Gedung Negara Grahadi, Kamis (26/12/2019) pagi.

SURABAYA (global-news.co.id) –  Pemprov Jatim berkolaborasi dengan  16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur guna mengatasi persoalan lingkungan baik alam maupun sosial  di sepanjang aliran Sungai Brantas. Kolaborasi tersebut dikemas melalui kegiatan KKN bertajuk Brantas Tuntas.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaborasi 16 PTN  tersebut merupakan hadiah terindah di akhir tahun bagi seluruh warga JawaTimur. “Saya rasa, format kolaborasi dan sinergi dari 16 Perguruan Tinggi Negeri adalah hadiah di akhir tahun yang sangat indah bagi kita warga Jawa Timur,”ungkap Khofifah saat melepas 250 mahasiswa dari 16 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur yang mengikuti program KKN Kolaborasi Brantas Tuntas di Gedung Negara Grahadi, Kamis (26/12/2019) pagi.

Khofifah mengatakan penyelenggaraan KKN kolaborasi Brantas tuntas merupakan upaya bersama  Pemprov dan lembaga pengembangan masyarakat dari berbagai perguruan tinggi negeri di Jatim  guna menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem Sungai Brantas yang notabene merupakan sungai terpanjang di Jatim.

“Artinya, ke depan saya harap tidak ada lagi kabar soal ikan yang kemudian mati  mengambang di sungai akibat pencemaran sungai yang berasal dari limbah rumah tangga dan industri,” tuturnya.

Menurutnya, tidak ada pilihan lain selain menjaga ekosistem Sungai Brantas demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. Jika tidak, kata dia, maka berbagai persoalan seperti banjir, krisis air bersih, punahnya biota sungai akan terjadi.

Lebih lanjut, Khofifah menambahkan ada tugas lain yang diemban mahasiswa selain melakukan KKN di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yakni turut menyisir berbagai persoalan kesejahteraan sosial masyarakat setempat. Tidak hanya soal kemiskinan, namun juga upaya pencegahan stunting, gizi buruk, rumah tidak layak huni, lanjut usia, dan lain sebagainya.

“Jadi ini sebenarnya tidak sekadar kolaborasi tetapi sinergi yang luar biasa yang kita harapkan akan menjadi role model bagaimana elemen strategis di sebuah daerah, bersama-sama kita menyelesaikan persoalan bangsa ini, dimulai lah dari Jawa Timur,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Gubernur Khofifah mengharapkan melalui KKN kolaborasi Brantas Tuntas ini mendapat dukungan-dukungan dari berbagai pihak untuk bersama-sama menemukan solusi dari permasalahan-permasalahn yang muncul di sekitar DAS Brantas sehingga nantinya semua permasalahan tersebut bisa dituntaskan.

“Terimakasih kepada semua rektor, bupati/ walikota yang wilayahnya dilintasi Sungai Brantas, BP DAS , Perum Jasa Tirta dan semua mahasiswa atau pendamping mahasiswa selama KKN.  Semoga harapan  Brantas Tuntas ini bisa kita wujudkan,” imbuhnya. fan, erf

 

baca juga :

LSM Asing Soroti Perlakuan Polri terhadap Pengkritik Jokowi

Redaksi Global News

Puji Penerapan Prokes Seri 2 Liga 1, Pemerintah Kaji Seri 3-4 Ada Penonton

Redaksi Global News

Urun Rembuk Ibrahim soal Pengembangan Pelabuhan Langsa

gas