Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Akhir Januari 2020, Air Umbulan Mengalir ke Gresik

Dirut PDAM Gresik Siti Aminatus Zariyah saat memaparkan kinerja PDAM sepanjang 2019.

GRESIK (global-news.co.id) – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan-Pasuruan ditargetkan sudah mengalir ke Gresik pada akhir Januari mendatang. Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah pada paparan kinerja PDAM sepanjang 2019 di kantornya, Selasa (31/12/2019).

Mengalirnya air Umbulan ini merupakan bagian dari program peningkatan pelayanan pelanggan PDAM di Gresik. Ia memaparkan, pada 2020 kapasitas PDAM Gresik akan bertambah dari yang semula hanya 1.252 liter perdetik naik menjadi 1.552 liter perdetik.

“Kenaikan kapasitas ini dikarenakan pada akhir Januari 2020 air dari SPAM Umbulan sudah bisa mengalir. Gresik mendapatkan 1.000 liter perdetik namun pada tahap awal ini air yang disalurkan hanya sekitar 300 liter per detik,” ujarnya.

Dengan tambahan air ini, Zariyah menargetkan pada 2020 PDAM bertekad menjadi perusahaan yang nihil keluhan alias Zero Complain. Karena itu, Ia menambahkan pada tahun 2020 PDAM akan melakukan sejumlah strategi guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya adalah revitalisasi pipa. Maklum saja, pipa yang dimilik PDAM saat ini banyak yang ditanam pada era 1900-an atau lebih dari 20 tahun. “Selama ini yang menyebabkan masyarakat sering kekurangan air adalah banyaknya pipa rusak akibat dimakan usia. Kerusakan ini menjadi faktor utama kebocoran. Jika bocor tentu cara menanganinya harus dengan mematikan debit air,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM Gresik, Heru Budi Hartono menambahkan, sepanjang 2019, PDAM Gresik berhasil membukukan pendapatan sekitar Rp 9 miliar. Pendapatan tersebut berasal dari 96.500 pelanggan Sambungan Rumah Tangga (SRT) dan 200 Sambungan Industri (SI). Hasil ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk proyek Bendungan Gerak Sembayat dengan nilai investasi Rp 718 miliar diperkirakan akan beroperasi pada akhir 2021. Dengan adanya tambahan pasokan air ini sekaligus jumlah kapasitas PDAM akan bertambah,” kata Heru. sep

baca juga :

Pemkab Pamekasan Akan Tingkatkan Status Klinik Muslimat NU dari Klinik Pratama Menjadi Klinik Utama

gas

Walikota Eri: Pasar Induk Sidotopo Jadi Pengendali Inflasi di Surabaya

Redaksi Global News

SIG Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Umum dan Mobil Ambulans di Kabupaten Probolinggo dan Banyuwangi

Titis Global News