Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

9.300 Ritel AS Tutup Sepanjang 2019

Charlotte Russe termasuk ritel yang mengajukan kebangkrutan di AS.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Sepanjang 2019, sebanyak 9.302 ritel tercatat tutup di Amerika Serikat. Dilansir dari CNN, Jumat (20/12/2019) tahun ini dinilai sebagai ‘tahun memar’ bagi pengecer AS.

Pasalnya, jumlah ritel yang tutup melonjak 59 persen dari 2018. Jumlah ini pun tercatat tertinggi sejak Coresight Research mulai melacak data pada 2012. Kebangkrutan di sektor ritel meningkat tahun ini dan banyak gerai yang kesulitan menutup toko.

Menurut Coresight, Payless, Gymboree, Charlotte Russe dan Shopko semuanya mengajukan kebangkrutan dan menutup 3.720 toko gabungan. Payless yang mengajukan kebangkrutan Februari dan menutup 2.100 toko AS.

Jaringan toko diskon Fred mengajukan kebangkrutan pada September dan menutup 564 toko. Forever 21 juga mengajukan kebangkrutan bulan itu dan mengatakan akan menutup hingga 178 toko.

Penutupan Forever 21 tidak ada dalam laporan Coresight karena belum selesai. Pengecer lain, seperti induk Ann Taylor Ascena Retail (ASNA), Family Dollar, GNC (GNC), Walgreens (WBA), Signet Jewellers (SIG), Victoria’s Secret dan JCPenney (JCP), memangkas toko mereka untuk menghemat uang dan toko berkinerja tinggi.

Family Dollar menutup sebanyak 359 toko tahun ini. Sementara Signet, perusahaan induk dari mal, Kay, Jared dan Zales, mengumumkan 159 toko akan ditutup. Ribuan lagi penutupan toko mungkin akan terjadi di tahun mendatang karena belanja online terus menggantikan pembelian di toko fisik dan menyita keuntungan pengecer.

Tingkat utang dan sewa yang tinggi juga membebani pengecer tradisional. Penjualan online mencapai sekitar 16 persen dari penjualan ritel hari ini. Analis UBS memperkirakan angka tersebut akan naik menjadi 25 persen pada 2026. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa membuat sebanyak 75 ribu toko tradisional ditutup pada 2026.

Jumlah tersebut termasuk lebih dari 20 ribu toko pakaian dan sekitar 10 ribu toko elektronik. Ribuan perabot rumah tangga dan toko barang olahraga juga harus ditutup karena belanja online tumbuh dengan cepat.

Bahkan pengecer yang berkembang seperti Walmart (WMT) dan Best Buy (BBY) diam-diam menutup beberapa toko mereka. Department store seperti Nordstrom dan Kohl’s masing-masing menutup beberapa toko.

Senin lalu, Macy’s tercatat menjadi saham terburuk dalam indeks S&P 500 tahun ini. Perusahaan ritel ini kehilangan 49 persen harga. Sementara Gap, L Brands, Kohl (KSS) dan Nordstrom berada di 20 terbawah pada Indeks. Moody’s menurunkan prospek untuk department store menuju musim liburan. “Meskipun lingkungan belanja konsumen sangat menguntungkan, toserba belum mendapatkan istirahat,” ungkap analis Christinia Boni.

Laporan Coresight pun mencatat bahwa tahun ini pengecer mengumumkan pembukaan 4.392 toko. Mayoritas toko yang dibuka berasal dari sektor toko diskon. Dollar General mengumumkan akan membuka 975 toko tahun ini. “Kami terus percaya bahwa kami beroperasi di salah satu sektor yang paling menarik di ritel,” kata CEO Jenderal Dolar Todd Vasos pada panggilan dengan analis awal bulan ini. Dollar General akan membuka 1.000 toko baru tahun depan dan berencana untuk tambahan 13.000 di seluruh negeri. zis, cnn, ins

baca juga :

Mengaku Sempat Tegang, Jojo Bawa Tim Thomas Cup Indonesia ke Semifinal

Redaksi Global News

Siswi Peraih Juara III Lomba Nulis Surat Pada Mendikbud, Bupati Badrut Tamam Doakan Alfiatus Sholihah Jadi Mendikbud

gas

PBSI Jatim Periode Tahun 2022-2026 Segera Dikukuhkan