Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Wakil Walikota Fukuoka Jepang Takjub Ruangan Risma Dipenuhi CCTV

Wakil Wali Kota Fukuoka Jepang, Eiichi Nakamura saat memakai blangkon pemberian dari Wali Kota Tri Rismaharini.

Menjabat sebagai pimpinan memang harus menguasai segala lini, termasuk persoalan yang ada di lapangan. Inilah yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan memenuhi ruangannya dengan CCTV. Inilah yang membuat pejabat Jepang takjub.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima kunjungan kerja Wakil Wali Kota Fukuoka, Jepang, Eiichi Nakamura beserta rombongannya di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Rabu (6/11/2019). Saat itu, Wali Kota Risma juga didampingi jajaran Pemerintah Kota Surabaya.

Memasuki ruang kerja Wali Kota Surabaya, Eiichi Nakamura seakan takjub. Ia terlihat memandangi berbagai penghargaan yang ada di ruang kerja Wali Kota Risma. Ia semakin takjub ketika melihat layar lebar monitor CCTV yang terpasang di sisi timur tembok ruang kerja itu.

Saat pertemuan itu, Wakil Wali Kota Fukuoka, Jepang, Eiichi Nakamura mengundang Wali Kota Risma untuk menghadiri Asia Pacific Cities Summit 2020. Acara ini digelar dua tahun sekali dan Wali Kota Risma sudah pernah menghadiri acara ini pada tahun 2018 lalu. “Acaranya pada Bulan November 2020,” kata Eiichi Nakamura kepada Wali Kota Risma.

Selain itu, Eiichi Nakamura juga menawarkan kepada Wali Kota Risma supaya Kota Surabaya menjadi member di Asia Pacific Cities Summit (APCS) ini. APCS ini merupakan suatu organisasi di tingkat Asia Pacific yang salah satunya juga membahas Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Bahkan, pada saat itu Eiichi Nakamura juga memperkenalkan Kota Fukuoka melalui video singkat yang diputar dari tab yang dia bawa. Wali Kota Risma dan jajarannya menyaksikan video itu dengan seksama hingga habis.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma mengucapkan selamat datang di Kota Surabaya dan menyampaikan terimakasih sudah berkunjung ke Surabaya serta kembali mengundangnya dalam acara APCS tahun depan. Namun begitu, ia mengakui bahwa pada Bulan November itu merupakan Hari Pahlawan yang mana di Kota Surabaya selalu banyak acara. “Jadi, saya mohon maaf tidak bisa hadir karena pasti Bulan November itu full acara,” kata Wali Kota Risma.

Presiden UCLG ASPAC ini juga memastikan bahwa meskipun nanti dirinya tidak bisa hadir ke acara tersebut, namun akan ada perwakilan dari jajaran Pemkot Surabaya yang akan hadir dalam acara tersebut. “Nanti akan ada staf pemkot yang hadir di acara itu,” ujarnya.

Di samping itu, Wali Kota Risma juga menyampaikan bahwa sudah pernah ke Kota Fukuoka dan sempat diminta untuk berkunjung ke startup yang ada di sana. Di kota itu, memang ada kumpulan startup seperti yang ada di Kota Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, kumpulan atau tempat startup itu ada di Koridor. “Silahkan kalau mau ke Koridor dulu. Tempatnya startup-startup di Surabaya. Di sana, juga ada Command Center 112,” kata dia.

Oleh karena itu, setelah mereka tukar menukar cinderamata, rombongan dari Fukuoka ini beranjak ke Koridor di gedung Siola. Di sana, mereka melihat berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pemkot. Bahkan, ia juga sempat berkomunikasi dengan para pelaku startup yang tengah diskusi di tempat khusus itu.

Lagi-lagi, ia memamerkan profil singkat Kota Fukuoka melalui video yang diputarnya. Tepuk tangan menghiasi heningnya suasana itu. Setelah itu, ia pun beranjak keluar dari gedung Siola. pur

baca juga :

Dorong UMKM Go Global, BNI Xpora Gandeng ICC Indonesia

Redaksi Global News

Polisi Pulihkan Semangat Anak di Lokasi Bencana Puting Beliung Sidokepung

Redaksi Global News

Ritual ‘Maut’ Pantai Payangan, Ketua Padepokan TJN Jadi Tersangka

Redaksi Global News