Ramai-ramai Bersihkan Stadion Gelora Bung Tomo

Semua elemen masyarakat bersama-sama membersihkan Stadion GBT dan lingkungan di sekitarnya, Jumat (8/11/2019).

 

 

SURABAYA (global-news.co.di) – Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA World Cup U-20 disambut sambut gembira warga Surabaya. Apalagi, salah satu stadion yang diusulkan menjadi venue adalah Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Bersamaan dengan menyambut Hari Pahlawan 10 November, momen itu digunakan masyarakat untuk kerja bakti massal, Jumat (8/11/2019). Sebelumnya, melalui surat edaran, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah memberikan imbauan agar melaksanakan kerja bakti massal itu.

Salah satu titik pusat kerja bakti ini adalah Stadion GBT. Pemkot Surabaya, Bonekmania, manajemen Persebaya, serta masyarakat Surabaya bersama-sama melakukan kerja bakti di stadion yang terletak di Benowo tersebut.

Sejak pagi massa sudah berdatangan ke stadion yang memiliki kapasitas 55 ribu penonton itu. Selanjutnya mereka secara bersama-sama pula membersihkan Stadion GBT dan lingkungan di sekitarnya. “Kami bersyukur akhirnya semua pihak bersatu demi membuat GBT jadi semakin bagus, sesuai standar FIFA,” ujar Cak Cong, salah seorang pentolan Bonek.

Bonek bersama elemen lainnya pun membaur. Mereka melakukan pengecatan, pembersihan akses jalan, penghijauan taman, hingga pengurukan beberapa titik di sekitar GBT. Cak Cong mengaku senang bisa terlibat dalam kerja bakti itu. “Kami ini ibaratnya penghuni setia GBT, tentu punya banyak masukan berharga terhadap kandang tercinta kami ini,” lanjut Cak Cong.

Acara kerja bakti di GBT juga digunakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi untuk mendetailkan renovasi GBT. Salah satu renovasi yang akan dilakukan adalah pembenahan jalur penonton menuju tribun. Jendela sirip rencananya akan dilepas semua.

“Kita akan ganti dengan tabir yang dipasang dari atas. Penonton tetap akan aman saat menaiki tangga menuju tribun karena sudah ada besi pengaman di tangga dan semua balkon,” kata Eri Cahyadi.

Pembenahan lainnya adalah pengamplasan, perbaikan paving stone, dan pengecatan ulang pagar-pagar besi di bagian jalur suporter. “Mobil damkar bisa ke sini sekarang. Kita perlu melepas jendela sirip di sini,” kata Eri saat berkoordinasi dengan jajarannya.

Dalan kerja bakti ini, tidak sengaja Eri berpapasan dengan Presiden PT Persebaya Azrul Ananda. Azrul mengapresiasi inisiatif pemkot untuk melakukan kerja bakti di GBT. Apalagi acara tersebut juga menggandeng Bonek. “Sering-sering kerja bakti di sini ya, Mas Eri. Biar stadionnya semakin bagus,” kata Azrul.

Azrul mengatakan, agenda perbaikan stadion untuk menyambut Piala Dunia bakal membuat GBT menjadi stadion berstandar internasional. “GBT akan naik kelas. Berarti timnya, penontonnya, dan semua yang ada di dalamnya juga harus naik levelnya,” lanjut Azrul.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan bahwa GBT sangat siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Seluruh fasilitas sesuai standar FIFA akan dilengkapi di stadion milik Pemkot Surabaya itu. Pemkot juga sedang menyiapkan lapangan pendukung sebagai tempat latihan tim. pur