Penggemar Onthel se-Madura Meriahkan Hari Jadi Pamekasan

Sekdakab Totok Hartono melepas peserta lomba sepeda onthel.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Pamekasan yang ke-489, Pemkab Pamekasan Minggu  (17/11/19) pagi tadi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar lomba olahraga rekreasi bersepeda tua/onthel.

Lomba ini digelar se-Madura dan diikuti oleh para peserta dari empat kabupaten di Madura, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Sejak pagi tampak ribuan warga yang menggunakan atribut busana beraneka ragam itu berkumpul berjubel di sekitar monumen Arek Lancor tempat dilepaskannya lomba sepeda tua ini. Ribuan warga itu datang mengikuti lomba dengan mengatasnamakan kelompok dan ada juga yang ikut atas nama individu. 

Wakil Bupati Pamekasan Raja’e dalam sambutannya di acara itu mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta lomba sepeda tua itu atas partisipasinya mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Pamekasan yang ke-489. Raja’e mengaku bahwa meriahnnya kegiatan lomba sepeda onthel itu merupakan penghormatan dan bagian kebahagiaan dirinya dan Pemkab Pamekasan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dan tan taretan se-Madura yang telah berpartisipasi turun memeriahkan  hari jadi Pamekasan ke-489  melalui lomba sepeda tua ini. Semoga kebersamaan ini  tetap terjalin dengan baik melalui  wadah Kosti Madura Raya,” katanya.

Raja’e meyakini bahwa apabila kebiasaan bersepeda dan berolahraga sekalipun dengan bersepeda dengan penuh rekreasi, maka akan sangat berpengeruh pada pola hidup masyarakat. Dan jika pola hidup sehat masyarakat telah tertanam, maka hal itu diyakininya akan membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat. 

Untuk itu demi keselamatan dan keamanan kegiatan lomba sepeda onthel ini, Raja’e berharap agar peserta dan panitia benar-benar menjamin  ketertiban dalam perjalanan. Hal ini agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat  umum di jalan raya dan kegiatan yang dilakukannya tidak mengganggu orang lain.

“Mari kita jadikan kegiatan bersepeda ini sebagai ajang promosi sosial dalam membangun pola hidup sehat positif dan rekreatif  dari masyarakat kita,” harapnya. 

Lomba bersepeda onthel ini secara resmi dilepas oleh Sekdakab Pamekasan Totok Hartono didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ir Muhammad MM. Para peserta lomba ini ada yang berbentuk kelompok atau klub sepeda onthel dan ada juga yang peserta individual atau pribadi. Rute yang dilalui dalam lomba sepeda onthel ini adalah sepajang 18 km.
Dimulai dari Monujmen Arek Lancor Pamekasan menuju ke arah selatan yakni Jalan Trunojoyo dan belok kiri menuju Jalan Kangenan dan menuju ke arah timur tujuan Kecamatan Pademawu. 

Setelah tiba di kawasan Kecamatan Pademawu, rute kemudian berbelok kiri ke arah utara menuju wilayah Kecamatan Galis. Dari Kecamatan galis ini rute lalu belok kiri lagi ke arah barat lagi menuju Kota Pamekasan dan berhenti di tempat pelepasan yakni di Monumen Arek Lancor. (mas)