Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemprov Gandeng OJK dan Bank Jatim Canangkan Gerakan One Student One Account

Gubernur Jatim, Kepala OJK Regional IV Jatim dan Plt Pgs  Direktur Utama Bank Jatim menandatangani komitmen bersama, Minggu (24/11/2019).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebagai upaya mendorong masyarakat gemar menabung sejak dini, Pemprov Jatim bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jatim dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mencanangkan Gerakan Jawa Timur Menabung atau One Student One Account.

Gerakan ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antara Gubernur Jatim, Kepala OJK Regional IV Jatim dan Plt Pgs Direktur Utama Bank Jatim saat Rakor Provinsi Jatim Tahun 2019 di Grand City Jumat  kemarin.

One Student One Account merupakan salah satu bentuk Aksi Pelajar Indonesia Menabung dalam implementasi Keppres No. 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung. Melalui program ini diharapkan setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening sehingga budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal dapat dilakukan sejak dini.

Gerakan One Student One Account ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan dan budaya menabung, memperluas akses layanan keuangan di seluruh wilayah Indonesia, serta menyebarluaskan pesan kepada masyarakat, mengubah perilaku dan mendorong masyarakat untuk menabung.

Dengan adanya penandatanganan komitmen bersama ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap kesadaran masyarakat terutama kalangan pelajar untuk gemar menabung sejak dini terus meningkat.

“Masa depan anak-anak ini kan masih panjang. Dengan gemar menabung sejak dini, mereka bisa menghindarkan diri dari budaya konsumtif yang berlebihan dan hasil dari menabung ini manfaatnya bisa mereka rasakan ke depannya,” kata Khofifah di Gedung Jatim Expo Surabaya saat memperingati HUT PGRI dan Hari Guru,  Minggu (24 /11/2019) pagi.

Melalui komitmen bersama ini, Pemprov Jatim beserta OPD akan menerbitkan Surat Edaran (SE) kepada seluruh kab/kota untuk mendorong masyarakat menabung di lembaga keuangan formal. Kemudian OJK Regional IV Jatim akan berperan aktif dalam mendorong dan melakukan koordinasi untuk pelaksanaan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Khususnya bagi pelajar SMP dan SMA.

Sedangkan Bank Jatim akan melakukan kegiatan edukasi keuangan dan kerjasama dengan pihak terkait dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi serta akses keuangan masyarakat Jatim pada lembaga keuangan melalui pembukaan rekening baru, khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki akses keuangan.

Khofifah menyebut, Pemprov Jatim, OJK Regional IV Jatim serta Bank Jatim sepakat memprioritaskan Gerakan Jawa Timur menabung di kalangan pelajar melalui gerakan One Student One Account. Ketiga belah pihak juga akan menetapkan Rabu sebagai Hari Rajin Menabung (RABU) bagi kalangan pelajar di Jatim.

“Kami juga akan melibatkan pihak sekolah sebagai agen dari perbankan dengan memanfaatkan dukungan teknologi. Selain itu kami juga akan melakukan monitoring dan evalusi berkelanjutan untuk menyempurnakan Gerakan Jawa Timur Menabung ini,” pungkasnya.fan, ret

 

baca juga :

Sejumlah Gus Merapat ke Pak Basuki

gas

Banyak ASN-Guru Terjerat Pinjol: Guru Muda Perlu Dibekali Ilmu Kelola Keuangan

gas

Tanggapi Sindiran Kanye West, Kim Kardashian Sebut Klasik