Parade Surabaya Juang Digelar Besok, Tujuh Jalan Protokol Ditutup Total

Dokumentasi parade juang di Surabaya dalam rangka memeringati Hari Pahlawan tahun lalu

SURABAYA (global-news.co.id)- Kegiatan Parade Surabaya Juang yang bakal diselenggarakan, Sabtu (9/11/2019) esok berimbas pada penutupan jalan. Ada tujuh jalan protokol di Kota Pahlawan yang bakal ditutup total selama kegiatan berlangsung.

Tujuh jalan itu adalah rute yang akan dilewati sekitar tiga ribu peserta Para Surabaya Juang mulai Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul. Penutupan jalan itu akan dilakukan di Jalan Pahlawan, Gemblongan, Tunjungan, dan Gubernur Suryo. Selain itu juga Jalan Panglima Sudirman, Urip Sumoharjo dan Raya Darmo.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Soesandi Ismawan mengatakan, pihaknya melakukan penutupan jalan mulai pukul 06.00. “Adapun rute pertama kali yang ditutup, yakni lokasi start di depan Bappeda Provinsi Jatim (area Tugu Pahlawan),” ungkapnya, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, selain melakukan penutupan jalan, pihaknya telah menyiapkan kantong-kantor parkir di beberapa lokasi. Misalnya, di Jalan Tugu Pahlawan, ada 10 titik parkir yang disiapkan. Ada pula titik di Jalan Tunjungan, yakni di Gentenkali, dan di Raya Darmo lokasi parkirnya ada di Jalan Bengawan sisi barat,” kata Soesandi.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, BPB dan Linmas Kota Surabaya Yudi Eko Handono menambahkan pihaknya juga sudah menyiapkan tim keamanan dan juga kesehatan. Ia menyebut total ada 2.704 petugas gabungan dari Satpol PP, Linmas, Dishub dan kepolisian. “Petugas disiapkan untuk menjaga keamanan masyarakat yang ingin menyaksikan Parade Surabaya Juang,” kata Yudi Eko Handono. pur