Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Menristek Apresiasi Dua Produk Unggulan Unair

Menristek meninjau produk stem cell di Lembaga Penyakit Tropis Kampus C Unair, Minggu (10/11/2019).

SURABAYA (global-news.co.id)- Dalam rangka melakukan agenda kerja ke Surabaya, Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro SE, MUP, PhD juga turut meninjau perkembangan dua produk unggulan yang dihasilkan oleh Unair, yakni  Stem Cell dan Cangkang Kapsul Rumput Laut.

Dalam kesempatan itu, bertempat di Lembaga Penyakit Tropis Kampus C Unair, menteri yang akrab disapa Bambang Brodjonegoro itu, disambut langsung oleh Rektor Unair Prof Nasih beserta jajaran pimpinan lainnya.

Dalam sambutannya Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam melakukan berbagai pengembangan ilmu pengetahuan, universitas harus terus lihai dalam melahirkan berbagai inovasi. Utamanya inovasi yang memiliki nilai guna bagi masyarakat.

Seperti produk stem cell yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit ini. Produk atau temuan-temuan yang semacam ini harus lebih banyak dilahirkan oleh para ilmuan di perguruan tinggi. “Perihal pengembangan ke depan stem cell, kami harap sudah bisa dipasarkan agar manfaatnya bisa dirasakan oleh orang banyak,” katanya, Minggu (10/11/2019).

Dan yang paling penting bahwa pengobatan dengan stem cell ini menjadi salah satu cara agar masyarakat Indonesia tidak perlu ke luar negeri untuk berobat. “Saya apresiasi dengan sangat kepada Unair dan semoga akan semakin banyak produk-produk penelitian yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” katanya.

Sementara Rektor Unair Prof Nasih dalam kesempatan yang sama mengatakan stem cell merupakan salah satu inovasi yang hingga kini terus dikembangkan oleh ilmuwan Unair. Stem cell dalam hal ini, dimonitori oleh Dr Purwati dr, Sp PD dari Fakultas Kedokteran bersama Prof Dr  Fedik Abdul Rantam drh dari Fakultas Kedokteran Hewan.

“Dengan dukungan semua pihak, syukur Alhamdulillah dalam waktu dekat ini Insya Allah, izin edar stem cell akan siap keluar. Dengan demikian, hasil serta produk unggulan Unair ini bisa dimanfaatkan untuk semua masyarakat secara luas,” katanya.

Selanjutnya, setelah mengunjungi meninjau produk stem cell di LPT, Menristek berkunjung ke  Teaching Industri Cangkang Kapsul. Dalam kunjungan itu, Menristek meninjau proses produksi cangkang kapsul dari rumput laut yang telah diresmikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan itu, Sekretaris LPBI UNAIR Andi Hamim Zaidan memaparkan produk cangkang kapsul dari rumput laut buatan Unair memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, terjamin kehalalan serta produksi rumput laut di Indonesia yang sangat melimpah. Cangkang kapsul rumput laut Unair diharapkan dapat menekan angka impor cangkang kapsul yang selama ini terbuat dari gelatin. tis, ist

baca juga :

Presiden Resmikan Ruas Jalan Tol Binjai-Stabat di Sumut

Redaksi Global News

Sekda Sidoarjo Minta KONI Buat Program Yang Menarik, Jangan Program Rutinitas

gas

Gelar Resepsi HJKS ke -728, Walikota Eri Cahyadi Berharap Kasus Covid-19 Semakin Turun dan Perekonomian Surabaya Bergerak Pesat

Titis Global News