Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Kukuhkan 21 Guru Besar Sepanjang 2019, Rektor Unair Dorong Kontribusi Nyata Dosen

Universitas Airlangga mengukuhkan empat guru besar di antaranya dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta dua dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Sabtu (30/11/2019).

SURABAYA (global-news.co.id) – Universitas Airlangga (Unair) kembali menunjukkan keseriusannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga pengajar. Sabtu (30/11/2019), Unair mengukuhkan empat guru besar di antaranya dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta dua dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

Prof Dr Elly Munadziroh drg, MS, profesor dalam bidang Ilmu Material Kedokteran Gigi (FKG), Prof  Dr  Ir Sri Hidanah MS, profesor dalam bidang Ilmu Produksi Ternak (FKH), Prof Dr Pratiwi Pudjiastuti Dra MSi, profesor dalam bidang Ilmu Kimia (FST), serta Prof Dr Wiwik Misaco Yuniarti drh, MKes, profesor dalam bidang Ilmu Penyakit Dalam Veteriner (FKH).

Dikukuhkan di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Unair, Prof Dr  Moh  Nasih SE, MT, Ak, selaku Rektor Unair menyampaikan selamat kepada para guru besar yang dikukuhkan. “Eksistensi profesor tidak hanya pada nama. Tetapi lebih dari itu, harus dibuktikan dan didorong lalu dimanifestasikan pada karya yang membawa kemaslahatan umat,” katanya.

Prof  Nasih menekankan bahwa karya guru besar tidak boleh hanya berhenti di publikasi. Karna publikasi hanya bagian kecil dari kontribusi guru besar. Karya nyata berupa sumbangsih pada negara lah yang paling dibutuhkan.

Prof  Elly pada kesempatan pertama memaparkan terobosannya mengenai Secretory Leukocyte Protease Inhibitor (SLPI) yang berguna untuk menghambat protease, anti bakteri, kontrol aktivitas leukosit, dan efek lain yang mempercepat proses penyembuhan luka kronis. Dalam hal ini Unair sukses membuat SLPI rekombinan lewat riset proteomik.  “Saya harap produk SLPI bisa  menjadi bagian dari produk industri media yang memenuhi kebutuhan nasional dan menekan nilai material impor,” ungkap Prof  Elly.

Sementara itu Prof  Sri Hidanah memaparkan mengenai pentingnya pengembangan produk pakan bebas residu antibiotik. Merespon kebutuhan obat-obatan pada sektor peternakan, Prof  Sri menawarkan produk nano partikel ekstrak meniran sebagai pengganti Antibiotic Growth Promoters (AGP) yang memiliki nilai residu tinggi.

“Perlu diketahui, ekstrak meniran juga berguna untuk memacu pertumbuhan unggas, mencegah diare, mengurangi konversi pakan, serta mengurangi bau kotoran hewan ternak,” ungkapnya.

Prof  Pratiwi di samping itu, menyampaikan orasi ilmiahnya mengenai Cangkang Kapsul Rumput Laut sebagai Strategi Pengembangan Nutraseutikal Halal. Guru Besar FST tersebut menyoroti cangkang kapsul rumput laut yang berpotensi. Ke depan melalui inovasi Prof Pratiwi, Unair siap untuk menyumbangkan satu produk kepada pasar.

“Tidak berhenti pada cangkang nutraseutikal halal, harapannya ke depan kami mampu mengembangkan produk-produk lain yang lebih progresif dari pengembangan rumput laut dengan teknologi nano,” tutup Prof  Pratiwi.

Prof Wiwik pada kesempatan terakhir, menyampaikan mengenai buah delima yang berpotensi sebagai obat herbal pencegah fibrosis hati. Fibrosis sendiri merupakan kondisi atas respon penyembuhan luka akibat jejas (luka) berulang pada hati. Penelitian ini sendiri menjadi penting karena hingga saat ini belum ditemukan terapi medis yang efektif bagi sirosis hati.

“Penelitian atas manfaat delima sendiri menunjukkan kebenaran alquran dalam surat Ar-Rahman dalam penelitian klinis. Karena delima telah terstandar empat puluh persen ellagic acid dan mampu mencegah fibrosis hati,” tuturnya.

Perlu diketahui, pada pengukuhan guru besar tersebut disebutkan bahwa pada 2019 Unair berhasil memperoleh pencapaian cemerlang dengan mengukuhkan total 21 guru besar. Ditemui di hari berbeda, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Dr Purnawan Basundoro SS, MHum., menyatakan bahwa angka tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah berdirinya Unair.

“Hal ini terjadi karena selain sistem yang kini dipermudah, dosen-dosen Unair menunjukkan aktivitas akademik yang mengagumkan, khususnya pada pengamalan tri dharma perguruan tinggi dan publikasi jurnal internasional,” pungkasnya. tri

baca juga :

Liga 1: Mauricio Souza, Pelatih Baru Madura United FC

Liga 1: Persebaya Rekrut Ferdinand Sinaga

Livoli Divisi Utama 2022: Petrokimia Gresik Berpeluang ke Final

Redaksi Global News