Harumkan Almamater, Unira Beri Penghargaan Wisudawan Berprestasi

Rekror Unira Risqina beri penghargaan pada wisudawan berprestasi.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Ada yang spesifik dari rangkaian prosesi Wisuda Sarjana S1 Universitas Madura (Unira) Pamekasan, yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, Jalan Trunojoyo Pamekasan, Sabtu (24/11/190) kemarin. Yaitu pemberian penghargaan secara khusus kepada tiga orang wisudawan berprestasi.

Mereka meliputi dua orang wisudawan yang memiliki prestasi dalam berbagai event akademik dan non akademik tingkat nasional dan internasional dan wisudawan yang memiliki nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi dan Nilai Ujian Akhir (NUA) tertinggi tingkat Universitas. Tiga orang wisudawan itu yaitu Ririn Setiafijannah S.Ak, Siti Nafiah SPd dan Emmy Nurcholida S.P.

Ririn Setiafijannah, wisudawan ini memiliki prestasi telah membawa harum nama Unira Pamekasan. Dia meraih juara 1 Student Exchange Participant in Saint Louis University Baguio Philiphines. Pemenang Hibah PKM dari Ristekdikti, Juara harapan Gunadarma All About Accounting oleh Universitas Gunadarma, juara I Vlog oleh Dirjen Pajak Kanwil Jawa Timur dan Duta Pajak Tax Center DJP Jawa Timur II.

Sementara Siti Nafiah SPd memiliki prestasi juara 2 Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional kategori mahasiswa S1 dan S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lalu Semifinalis Teacher Idol National Competition 2018 di BEM STKIP Al Hikmah dan 10 besar finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Quran Trunojoyo Islamic Festival, Unijoyo Madura, juara 3 Matematics Lesson Plan Teaching Competition di Universitas Mataram.

Sedangkan Emmy Nurcholida adalah wisudawan asal Fakultas Peternakan, dia mendapat penghargaan karena berprestasi dengan memiliki nilai Indeks Prestasi Komolatif (IPK) tertinggi tingkat unversitas yakni dengan IPK 3,96 dan juga memiliki Nilai Ujian Akhir ( NUA) tertinggi dengan 90,2.

Rektor Unira Pamekasan Dr Ir Risqina MP mengungkapkan pemilihan dan pemberian penghargaan bagi wisudawan berprestasi itu didasarkan kepada kiprah dan prestasi yang telah membawa nama harum Unira Pamekasan dalam berbagai event kompetisi maupun kemitraan di tingkat nasional hingga internasional.

Selain membawa harum nama Unira Pamekasan di berbagai kancah event nasioanal hingga internasional, kata Risqina, wisudawan berprestasi itu memiliki talenta yang luar biasa dalam keahlian atau bidang ilmu yang ditekuninya.

“Pemberian penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas prestasi mereka yang telah banyak berprestasi diluar akademik maupun non akademik. Yaitu dalam kegiatan kemahasiswaan melaui berbagai kompetisi dan kejuaraan, termasuk keikutsertaan dalam pertukaran mahasiswa ke Filipina,” terang Risqina.

Pemberian penghargaan kepada para wisudawan yang berprestasi itu, baru dilakukan mulai wisuda sarjana ke 31 Unira tahun ini, dan akan diupayakan berlangsung kontinyu, sesuai dengan prestasi yang dimiliki para wisudawan saat masih aktif kuliah. (mas)