Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Gubernur Khofifah : Menjadi Pahlawan Tidak Harus Terjun ke Medan Perang

Gubernur Khofifah bersama Forkopimda melihat Display 22 Pahlawan Nasional asal Jawa Timur usai peringatan Hari Pahlawan di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (10/11/2019).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan semua orang bisa menjadi pahlawan di era kekinian. Syaratnya, memiliki semangat dan perjuangan yang luar biasa dalam mengabdikan diri melalui profesi masing-masing secara bertanggung jawab untuk kebaikan bangsa dan negara.

“Tidak harus terjun ke medan perang dengan angkat senjata. Siapa saja bisa jadi pahlawan dengan catatan nilai-nilai kepahlawanan tersebut terimplementasi secara nyata  dan terwujud dalam tindakan sehari-hari,” ungkap Khofifah usai upacara Peringatan Hari Pahlawan di lapangan Tugu Pahlawan  Surabaya, Minggu (10/11/2019).

Diungkapkan, zaman dulu, makna kepahlawanan adalah mereka yang berperang melawan penjajah atau orang – orang yang ikut berperan memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Tantangan yang dihadapi terpampang nyata yaitu penjajahan dari bangsa lain.

Era kini, lanjut Khofifah, tantangan yang dihadapi bukan lagi penjajahan secara fisik, tetapi bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan besar dan kompleks yang dapat  merongrong bangsa ini. Menurutnya, selama bisa memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa, maka orang tersebut layak disebut sebagai pahlawan masa kini.

“Musuh kita saat ini adalah kemiskinan, kesenjangan sosial, kebodohan,  kerusakan lingkungan,  dan pengangguran. Belum lagi ditambah narkoba, trafficking, radikalisme,  terorisme, KKN dan lain sebagainya. Inilah medan juang kekinian dan kita harus bersama-sama memeranginya,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, musuh lain yang tidak kalah berbahayanya di era digital saat ini adalah anasir yang dapat  memecah belah bangsa yang bergerilya menggunakan senjata kabar bohong (hoaks). Mereka sengaja menebar jaring kabar bohong dengan tujuan mengadu domba anak bangsa dengan isu SARA.

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November  tersebut, Gubernur Khofifah juga bersilaturahim dengan para veteran, perintis kemerdekaan serta keluarga pahlawan serta  memberikan santunan dan bingkisan khusus.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) dalam rangka Hari Pahlawan 10 November di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Surabaya, tepat pukul 00.00  Minggu (10/11/2019) dini hari.

Saat pembacaan Naskah AKRS, Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim mengajak para peserta apel untuk memberikan penghormatan sebesar-besarnya pada para kusuma bangsa yang bersemayam di TMP Sepuluh Nopember. Sebanyak 3.376  TNI, Polri, dan ASN serta pejuang dan 53 Pahlawan tidak dikenal  dimakamkan di TMP Sepuluh Nopember.

AKRS dalam rangka memperingati Hari Pahlawan diikuti sebanyak  188 peserta yang berasal dari  TNI, Polri,   Wanita TNI dan Polwan,  Pramuka, Linmas,  Mahasiswa , Korsik Korem  084/BJ,  Korpri,  pelajar SMU dan SMA,  dan organisasi  pemuda serta FKPPI. Tampak di barisan kehormatan AKRS yaitu , Wakil Gubermur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jawa Timur, Kajati,  Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim,  Kasgartap 3 Surabaya, Danlatamal V Surabaya serta Sekdaprov Jatim. fan

baca juga :

Belum Miliki SLF, DPRD Surabaya Sesalkan Operasional Trans Icon

Redaksi Global News

Februari 2021, Realisasi Penjualan Gas Bumi PGN Lampaui Target

Titis Global News

Targetkan 1,1 Gigawatt, Pertamina Geothermal Energy Operasikan 15 Wilayah Kerja

Titis Global News