Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital, Google Beri Pelatihan Keterampilan Teknis SDM Developer

Program Bangkit bertujuan mengajak masyarakat Indonesia mengoptimalkan teknologi untuk maju sama-sama. Tampak dalam foto (kiri-kanan ) : Chief Commercial Expansion Gojek Catherine Hindra Sutjahyo, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim , Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, Senior Vice President Tokopedia Herman Widjaja dan Co-Founder Traveloka Albert.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Google mengumumkan siap memberikan pelatihan gratis bagi SDM developer  di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan teknis dan soft skill. Langkah ini dilakukan guna ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia agar semakin dinamis.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf menjelaskan lewat Bangkit, sebuah program   pelatihan yang sangat selektif selama enam bulan untuk membantu membangun SDM developer  yang andal pihaknya siap meningkatkan keterampilan mereka.  Program gratis ini akan dimulai pada Januari 2020 dan pendaftaran dibuka sejak kemarin secara online di situs resmi.  “Kami mendesain program Bangkit bersama Gojek, Tokopedia, dan Traveloka untuk melatih 300   developer yang berkualifikasi tinggi dengan keahlian ​machine learning hingga 2020,”  jelas Managing Director ​Google Indonesia Randy Jusuf, Kamis (21/11/2019).

Melalui program-program untuk bakat-bakat baru dalam bidang teknologi ini , ditambah program  pelatihan untuk pemilik bisnis seperti Gapura Digital dan Women Will untuk entrepreneur wanita  kata dia,   Google telah melatih 1,6 juta orang Indonesia hingga saat ini.

Dalam kesempatan itu Google mengumumkan beberapa inisiatif untuk menghadirkan pengalaman berbelanja   baru yang menarik bagi orang Indonesia. Yakni Google Shopping yang dilengkapi   fitur penelusuran prediktif (queryless) dan dirancang untuk aktivitas browsing. Halaman ini   merupakan sebuah destinasi bagi pengguna untuk menelusuri berbagai kategori produk dan   menemukan produk dari ribuan toko online dan offline.

Sedangkan untuk meningkatkan akses ke jaringan Wi-Fi yang cepat, gratis dan andal  Randy juga mengumumkan sebuah kerjasama baru bersama Telkom mengenai Google Station,  yang akan membangun jaringan titik Wi-Fi yang cepat, gratis dan aman untuk masyarakat Indonesia yang lebih luas.

Direktur Consumer PT Telkom Indonesia Siti Choirina mengatakan sebagai perusahaan milik   negara, Telkom ingin memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat melalui penyediaan  infrastruktur dan layanan ICT terbaik, serta menghadirkan konektivitas yang merata di seluruh  Indonesia. Kerjasama dengan Google untuk layanan Google Station merupakan salah satu langkah  untuk mewujudkan hal tersebut.

Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam mengatakan pihaknya menegaskan kembali komitmennya untuk membantu orang Indonesia menggunakan  alat-alat dan pengaturan privasi yang diperlukan untuk menjaga keamanan di internet, dan  khususnya saat dalam perjalanan dengan memperkenalkan fitur ​Stay Safer ​di Google Maps. Fitur   baru ini akan memberi orang ‘peringatan saat menyimpang’, yaitu ketika driver yang mengantar  mereka menyimpang dari rute yang disarankan lebih dari 0,5 km. Ini juga akan memungkinkan  penumpang membagikan lokasi real-time mereka kepada teman dan keluarga hanya dengan  beberapa ketukan.   “Kami ingin menunjukkan kepada setiap orang Indonesia cara menggunakan alat-alat kami sekaligus   memberikan tips umum tentang cara menjaga keamanan di internet,” jelasnya. jef, tis

baca juga :

18  Jenis Layanan Adminduk Terintegrasi dengan PN, Warga Cukup Mengurus di Kantor Kecamatan

BNI Raih 3 Penghargaan dari Bank Indonesia

Redaksi Global News

Fokus Perlebar Jarak, Realistis di Peringkat Enam

Redaksi Global News