Dalam 6 Bulan, Eselon IV PNS Bakal Dipangkas

JAKARTA (global-news.co.id) –  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo berjanji menyelesaikan konsep pemangkasan jumlah eselon IV PNS atau ASN di seluruh kementerian/lembaga. Targetnya dalam enam bulan ke depan proses tersebut akan selesai.

Tjahjo Kumolo

“Tim kami sudah menyusun, sudah dipaparkan ke seluruh Sekjen (Sekretaris Jenderal) dan sekretaris lembaga termasuk TNI-Polri sudah,” kata Tjahjo di Kantor Wapres, Selasa (12/11/2019).

Menurut Tjahjo, nantinya akan dilihat lebih jauh karena jumlah satuan kerja atau satker berjumlah ribuan. Dari PU sampai camat dan lurah.  Arahan dari Presiden Jokowi hati-hati. Bertahap, tapi cepat karena menyangkut layanan publik dan untuk mempercepat investasi.

“Kami ingin paling lama enam bulan konsep itu cepat, ada konsep matang tinggal memasukkan saja. Termasuk penerimaan CPNS ini tidak ada tenaga administrasinya. Semua sudah menjurus ke sana, ke bidang IT-nya,” tutur Tjahjo.

Tjahjo bahkan menegaskan, pemangkasan jabatan ini berlaku juga di tingkat daerah. Karena, sambung Tjahjo seluruh daerah juga punya ‘pekerjaan rumah’ yakni mempercepat izin investasi.

“Dengan izin investasi yang cepat, pertumbuhan ekonomi daerah juga akan maju. Jadi reformasi birokrasi jujur, sekarang ini baru kulitnya saja padahal untuk membuat reformasi birokrasi itu harus operasi jantung,” ungkap Tjahjo.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menyederhanakan jabatan struktural PNS. Dia bakal memangkas jumlah struktur eselon hanya dua lapis saja. Namun untuk langkah awal, terlebih dahulu struktural eselon IV yang akan dihapus. Demikian disampaikan di sela rapat terbatas (Ratas) di komplek istana kepresidenan, Senin (11/11/2019).

“Saya kira di Kemenpan RB sudah menyiapkan yang nanti akan dipangkas, yang pertama mungkin eselon IV terlebih dahulu di semua kementerian, meski tetap harus dilihat secara cermat kajiannya,” kata Jokowi di sela Ratas terkait cipta lapangan kerja.  jef, ins