Anik Maslachah Resmi Gantikan Halim Wakil Ketua DPRD Jatim

S

Anik Maslachah

RABAYA (global-news.co.id) – Anik Maslachah akhirnya resmi menjabat Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2019-2024. Anik Maslachah menggantikan posisi Abdul Halim Iskandar yang mengundurkan diri dari  DPRD Jatim setelah menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Anik Maslachah ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2019-2024 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Senin (4/11/2019). Selain diikuti 93 anggota DPRD Jatim, rapat paripurna juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Sedang jabatan Anik sebagai Ketua Fraksi PKB kini diisi oleh Fauzan Fuadi.

Ketua DPRD Jatim Kusnadi yang memimpin rapat paripurna mengucapkan selamat kepada Anik Maslachah yang telah ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim menggantikan Abdul Halim Iskandar. Juga politikus muda Fauzan Fuadi yang menjabat Ketua Fraksi PKB menggantikan posisi Anik Maslachah.

“Pak Abdul Halim Iskandar mengundurkan diri dari DPRD Jatim karena menjabat sebagai menteri. Berdasarkan surat dari DPP,  maka Pak Abdul Halim Iskandar diberhentikan dari  DPRD Jatim dan posisinya sebagai pimpinan digantikan Bu Anik Maslachah,” terang Kusnadi yang ditemui usai rapat paripurna.

Seperti diketahui Abdul Halim Iskandar resmi dilantik sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) oleh Presiden RI Joko Widodo, Rabu (23/10/2019).

Halim Iskandar menjadi satu di antara politisi PKB asal Jatim yang masuk Kabinet Jokowi-Makruf Amin. Sebelum dilantik sebagai Menteri, Halim tercatat sebagai Anggota Fraksi PKB di DPRD Jatim. Dengan adanya amanah baru tersebut, Halim harus mengundurkan diri dari DPRD Jatim.

Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim yang kini juga menjabat Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Fauzan Fuadi mengatakan, untuk kursi anggota DPRD Jatim yang ditinggalkan Halim Iskandar  kini sudah diisi oleh Masduki.    Sekadar diketahui, Masduki merupakan calon legislatif dari PKB yang berada satu Dapil dengan Halim, yakni Dapil Jatim X (Kab/Kota Mojokerto, dan Jombang).

Di Dapil tersebut, PKB mendapat dua kursi DPRD Jatim. Selain Halim, PKB menempatkan Ahmad Athoillah sebagai Anggota Fraksi PKB di DPRD Jatim.

Sementara perolehan suara Masduki berada di peringkat ketiga di bawah dua figur tersebut. Dia memperoleh 24.139 suara dan berada di bawah Halim yang dapat 106.662 suara dan Athoilah 24.303 suara.

Saat ini, Masduki merupakan Sekretaris DPC PKB Kota Mojokerto. Pada 2008 lalu, ia pernah menjabat Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim.     Selain menjabat Anggota Fraksi, Halim juga menjabat sejumlah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Jatim. Di antaranya, Wakil Ketua DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Musyawarah DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Anggaran, hingga Penasihat Fraksi PKB DPRD Jatim. Setelah mengundurkan diri dari DPRD Jatim, maka jabatan tersebut praktis diisi orang lain. ani