Satu Tahun Hadir di Indonesia, OYO Telah Buka 1.000 Lapangan Pekerjaan

Aplikasi OYO diklaim ikut meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.

JAKARTA(global-news.co.id)-Setahun beroperasi, OYO Hotels & Homes (OYO) mencatatkan diri sebagai jaringan hotel, rumah dan living space dengan pertumbuhan tercepat sekaligus terbesar ini di Indonesia. Berbagai pencapaian signifikan pun telah berhasil diraih, khususnya dalam hal pertumbuhan bisnis hingga mencapai 30 kali lipat. Hal tersebut berdampak langsung pada penciptaan lebih dari 1.000 lapangan pekerjaan untuk anak bangsa yang tersebar di 100 kota di Indonesia. OYO bahkan menargetkan untuk terus menambah jumlah talenta lokal hingga 500+ OYOpreneurs (sebutan karyawan OYO) sampai akhir 2019.

HR Director OYO Hotels & Homes Indonesia Benny Rachmadin mengatakan OYO di Indonesia berada pada fase pertumbuhan yang kuat dan cepat. Pertumbuhan perusahaan mencapai hampir 30 kali lipat dalam waktu kurang dari setahun sejak resmi hadir di Indonesia. “Ini hasil kerja keras dan kerjasama seluruh tim yang merupakan bagian dari lebih 1.000 OYOpreneurs talenta-talenta terbaik Indonesia dari berbagai latar belakang industri. Mereka memiliki semangat yang kuat untuk bersama dengan OYO mentransformasi industri hospitality di Indonesia melalui teknologi, serta berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung terhadap peningkatan ekonomi lokal bagi masyarakat sekitar, termasuk turut mendorong terciptanya peluang dan pekerjaan baru,” katanya, Selasa (22/10/2019).

Komitmen ini sejalan dengan target yang diperkirakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika yang mengatakan bahwa kehadiran startup digital turut berperan dalam menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan ekonomi digital di Indonesia hingga akan mencapai 130 miliar dollar AS atau Rp 1.831 triliun pada 2020, yang akan berkontribusi sebesar 11% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Manager Growth OYO Hotels and Homes Indonesia Frans Tirto mengungkapkan pengalamannya sebagai OYOPreneurs kedua yang bergabung sejak awal OYO hadir di Indonesia, “Walau ini bukanlah pengalaman pertama saya bekerja di sebuah startup, namun sebagai salah satu dari empat orang pertama yang membangun OYO sejak awal, saya semakin yakin bahwa menjadi OYOPreneurs adalah sebuah keputusan karir yang tepat.  Saya melihat bagaimana OYO mampu mentransformasi industri hospitality di Indonesia dalam kurun relatif singkat melalui teknologi dan pendekatan bisnis yang sangat memperhatikan nilai-nilai lokal. Pengembangan diri secara profesional juga sangat terbuka di OYO, di samping itu, budaya speak up, kolaborasi antar departemen, serta work-hard play hard turut menciptakan iklim kerja yang menantang sekaligus menyenangkan sehingga setahun bersama OYO tanpa terasa berlalu dengan cepat,” ungkap Frans.

OYO akan terus mengembangkan sumber daya lokal dengan terus menciptakan peluang kerja dan menargetkan merekrut 500+ OYOpreneurs untuk berbagai posisi dan penempatan di kota-kota di mana OYO beroperasi dari Sabang hingga Manado hingga akhir 2019.

Sebagai jaringan hotel nomor 1 di Indonesia (berdasarkan jumlah kamar), OYO telah membangun kehadirannya di 100 kota di Indonesia dengan lebih dari 1.300 hotel tersebar di seluruh negeri. OYO terus fokus untuk memberikan pengalaman menginap terbaik sekaligus meningkatkan pendapatan bagi pemilik hotel, menghasilkan peluang kerja secara lokal, serta menciptakan lebih dari 10.000 peluang ekonomi langsung dan tidak langsung di Indonesia. Hal ini lebih lanjut memperkuat komitmen OYO untuk berpartisipasi dalam mentransformasi bisnis perhotelan di Indonesia, melalui model bisnis full-stack berbasis teknologi. jef, ttw