Raja’e : Hari Jadi Momentum Introspeksi dan Maksimalkan Potensi

Raja’e meninjau peserta PSF.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Wakil Bupati Pamekasan Raja’e Senin (14/10/19) tadi malam membuka rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Pamekasan yang ke 489. Pembukaan ditandai dengan kegiatan Pamekasan School Fair yang dihelat selama 4 hari mulai Senin (14/10/19) di Lapangan Nagara Bhakti Pendopo Ronggosukowati Pamekasan. Acara ini dihadiri Forkopimda, Sekdakab Totok Hartono dan seluruh pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Pamekasan. Juga hadir para kepala sekolah baik yang berada dalam naungan Dinas Pendidikan maupun Kemenag Pamekasan yang menjadi peserta dalam kegiatan PSF. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wabup Raja’e.

Dalam sambutannya Raja’e mengungkapkan bahwa ada tiga manfaat besar yang harus dihasilkan dengan kegiatan PSF ini antara lain PSF adalah suatu momentum kembali membuka jendela dunia. Membaca buku dan berliterasi, kata dia, akan memungkinkan manusia melakukan penghayatan kembali terhadap ilmu atau informasi yang lama dimiliki.

Yang kedua dia berharap agar kegiatan PSF membuahkan hasil yang maksimal. Harus ada perubahan, ada prestasi dari tahun ke tahun berikutnya. Misalnya berupa model baru upaya kreatifitas pendidikan, prestasi pendidikan dan lainnya.

Dalam kegiatan PSF ini ada bursa buku. Harapannya sejauh mana ada peningkatan kemauan baca buku dari masyarakat.

“Saya terketuk dan sangat mendukung untuk kesuksesan program Pamekasan School Fair ini. Mari kita lakukan introspeksi apakah ada tambahan keinginan masyarakat khususnya siswa untuk baca buku. Apakah anak anak kita hanya senang baca komik atau lihat media social saja. Ini yang harus menjadi perhatian kita,” katanya.

Yang terakhir dia melihat rangkaian kegiatan hari jadi Pamekasan ini adalah untuk membangkitkan semangat untuk mengeksploitasi potensi yang dimiliki Pamekasan, baik potensi sumberdaya alam maupun daya manusianya. Karena itu didalamnya ada aneka ragam kegiatan pameran pendidikan dan pameran hasil produk unggulan.

”Kita banyak memiliki potensi yang layak untuk dieksploitasi. Ada sekitar 21 kegiatan yang dilakukan dalam hari jadi ini dengan melibatkan semua instansi dan SKPD. Ini tentu akan menjadi momentum yang sangat potensial untuk perubahan dengan memaksimalkan pemanfatan potensi yang ada,” ungkapnya.

“Saya ucapkan terima kasih semoga yang kita lakukan ini akan bisa jadi jalan menuju Pamekasan yang hebat. Saya bangga juga dengan kekompakan panitia terkait yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan ini, khususnya kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bapak Achmad, “ imbuhnya.

Usai membuka secara resmi rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Pamekasan ke 489 ini, Wabup didampingi Sekdakab Totok Hartono bersama Forkopimda melakukan peninjauan satu persatu terhadap instansi peserta pameran dalam PSF itu. (mas)