Pancasila Ruang Berkreasi Untuk Kemajuan dan Keutuhan NKRI

Raja’e menyalami veteran pejuang.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Wakil Bupati Pamekasan Raja’e menegaskan setiap warga negara harus bersyukur, karena hingga hari ini NKRI tetap tegak berdiri. Itu semua di antaranya berkat jasa para para pahlawan.

Sebagian penggalan jasa para pahlawan itu diperingati pada tanggal 1 Oktober dengan nama Hari Kesaktian Pancasila.

“Hari ini kita peringati Hari Kesaktian Pancasila. Jadi mari kita kokohkan jati diri kita sebagai bangsa bahwa Pancasila adalah dasar negara satu satunya. Dan dasar negara itu harus menjadi kesatuan dengan jiwa kita masyarakat Indonesia, “ ungkapnya usai menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Nagara Bhakti, Selasa (1/9/2019).

Karena itu, kata dia, tujuan yang hakiki tiap memperingati hari Kesaktian Pancasila, yakni untuk terus mengenang jasa para pahlawan. Karena negara tetap tegak terjaga diatas fondasi Pancasila. Dalam tubuh Pancasila, kata Raja’e, banyak tertuang hal yang memungkinkan semua elemen bangsa Indonesia berkreasi untuk kemajuan bangsa. Pancasila telah memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Dalam kaitannya dengan konteks kekinian, Raja’e menegaskan bahwa sesungguhnya generasi muda dan kalangan milenial sebagai penerus estafeta kepemimpinan bangsa dituntut untuk lebih faham tentang bagaimana mengisi kehidupan bangsa kekinian dengan hal hal yang positif.

Modernitas pasti terjadi, tapi modernitas jangan membuat lupa terhadap apa jasa para pahlawan. Bagaimana caranya yaitu dengan tetap menjaga keutuhan bangsa Indonesia, NKRI, dan ideologi Pancasila.
Karena itu dia menyarankan agara para generasi muda dan seluruh elemen masyarakat bangsa Indonesia harus memahami secara sempurna terhadap esensi hidup berbangsa dan bernegara yang semuanya itu secara simplistic terangkum dalam sila sila dalam Pancasila.

“Kita harus betul betul fahami esensi berbangsa dan bernegara juga fahami secara utuh butir burtir dari Pancasila. Pancasila dibuat oleh pendiri bangsa di dalamnya sudah termuat hampir semua kebutuhan bangsa Indonesia. 74 tahun kita merdeka, kita masih kukuh dan utuh karena nilai nilai Pancasila yang ada didalamnya,” ungkapnya.

Menyinggung kemungkinan ideologi lain yang masuk dan mengaburkan pemahaman kebangsaan, Raja’e mengakuinya kemungkinan itu, tapi berupa riak riak kecil. Namun, katanya, dengan prinsip Bhinneka Tungga Ika dan dibawah naungan Pancasila, Indonesia hingga kini tetap utuh sebagai bangsa.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 ini, digelar di Lapangan Nagara Bhakti depan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Raja’e. Usai upacara Raja’e menyerahkan bingkisan bagi para veteran dan janda veteran pejuang.

Dalam upacara itu juga dilakukan pembacaan ikrar kebulatan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menegakkan kebenaran dan keadilan, demi menjaga NKRI. Ikrar itu dibacakan oleh Sekdakab Pamekasan Ir Totok Harono MA.(mas)