LKPD Pamekasan Raih Opini WTP ke- 6

Wabup Pamekasan Raja’e saat menerima Penghargaan WTP dari Wakil Menteri Keuangan RI.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pemkab Pamekasan kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 dari BPK RI. Penghargaan atas prestasi itu diterima oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, Rabu (3/10/19) kemarin di Gedung Grahadi Surabaya, dari Wakil Menteri Keuangan RI Prof Dr Mardiasmo.

Bagi Pemkab Pamekasan perolehan WTP kali ini merupakan penghargaan yang ke enam kalinya. Pertama kali Pamekasan berhasil meraih WTP pada tahun 2011. Lalu berlanjut pada tahun 2014 berturut-turut hingga tahun 2018. Pamekasan sempat turun dapat nilai Wajar Dengan Pengecualian (WDP) pada laporan keuangan tahun 2012 dan 2014.

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan Sahrul Munir mengungkapkan opini WTP merupakan pernyataan atau penilaian profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada beberapa kriteria.
Di antara kriteria itu adalah pertama tentang kesesuaian antara laporan pengelolaan keuangan daerah dengan data data akuntansi pemerintah.

Kesesuaian ini menunjukkan bahwa system pelaporan keuangan daerah bersifat standart profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Yang kedua kriterianya adalah adanya kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundangan undangan dan yang ketiga adalah efektifitas sistem pengendalian internal.

Sistem pengendalian intern menjadi penting karena itu menjadi bagian dari system dan proses transparansi dan profesionalitas kinerja aparat didalamnya.

Selain Pemkab Pamekasan, kata Munir, daerah tingkat dua lainnya di Madura yang juga berhasil meraih WTP ini adalah dua kabupaten yakni kabupaten Bangkalan dan Sumenep. Penyerahan dilakukan bersama sama dengan daerah lainnya se Jawa Timur disaksikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Opini WTP merupakan bukti akuntabilitas transparansi dan profesionalitas Pemkab Pamekasan dalam menjalankan dan mengelola keuangan daerah. Kemampuan ini bisa menjadi jalan menuju terciptanya pemerintahan yang efektif dan akseleratif dan mencapai tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Munir.

Wabup Raja’e, kata Munir, mengucapkan terima kasih kepada jajaran eksekutif yang telah menjalankan tugas pengelolaan dan pelaporan anggaran secara baik dan benar. Juga terhadap legislative yang menjadi mitra eksekutif dalam menjalankan tugasnya.

“Ucapan terima kasih juga disampaikan pada kalangan pers dan masyarakat secara umum,” katanya. (mas)