Ingatkan Kedisiplinan, Badan Kehormatan Siap Kirimi Surat Fraksi – fraksi DPRD Jatim

SURABAYA(global-news.co.id)-Badan Kehormatan (BK) DPRD Jatim siap memberikan surat kepada fraksi-fraksi yang ada di DPRD Jatim dan juga parpol untuk mengingatkan anggotanya  menjalankan kewajibannya dalam mengikuti agenda-agenda kerja DPRD Jatim.

Agus Wicaksono

“Tugas-tugas anggota DPRD Jatim di antaranya mengikuti rapat-rapat komisi ataupun rapat paripurna yang sudah dijadwal oleh Banmus DPRD Jatim. Jika nanti ada laporan anggota yang tak menjalankan tugasnya, kami akan surati pimpinan fraksi dan parpol asal anggota tersebut,”tegas Ketua BK DPRD Jatim Agus Wicaksono, Selasa (22/10/2019).

Agus yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang ini menjelaskan, apa yang dilakukan pihaknya tersebut demi menegakkan aturan dan tata tertib yang sudah berlaku di DPRD Jatim. “Kami ingin menegakkan kedisiplinan guna mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada DPRD Jatim.  Kami ingin mereka benar-benar bekerja sesuai yang diamanahkan oleh masyarakat Jatim yang memilihnya,”ujar Agus yang juga politisi asal Fraksi PDIP Jatim ini.

Dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat BK DPRD Jatim untuk mengevaluasi kinerja anggota DPRD Jatim. “Kami akan meminta masukan dari anggota BK yang berjumlah 9 orang, mereka merupakan perwakilan dari fraksi-fraksi yang ada di DPRD Jatim,”paparnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat ada rapat paripurna di DPRD Jatim untuk datang tepat waktu atau sesuai jadwal sidang paripurna tersebut. “Intinya kami sudah mendapat laporan dan keluhan dari anggota DPRD Jatim terkait kedisiplinan waktu dalam melaksanakan agenda kedewanan,” ujarnya.

Ia menambahkan, BK DPRD Jatim akan menyampaikan rekomendasi BK kepada pimpinan DPRD Jatim supaya ditindaklanjuti dan dikomunikasikan dengan Gubernur Jatim. “Tujuan kedisiplinan waktu ini untuk perbaikan kinerja Pemprov Jatim sekaligus untuk meningkatkan kredibilitas lembaga di mata masyarakat ke depan,”ujarnya. fan, ani