Bakma FK Unair Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Reproduksi

Peserta kegiatan aerobik dan zumba dalam rangkaian kegiatan Bakma FK Unair 2019 di CFD Raya Darmo

SURABAYA (global-news.co.id) – Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kembali menggelar  Bakti Mahasiswa (Bakma). Bakti mahasiswa baru angkatan 2019 yang bertajuk Progesteron (Program from Costae to Raise Sexual and Reproductive Health Awareness) ini berlangsung selama 3 hari,  dan berakhir Minggu (13/10).

Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK Unair, M.Zaki Anshari Farid, mengatakan kegiatan yang mengambil tema “Sex Education” ini merupakan bentuk bakti yang bertujuan untuk mengajak masyarakat peduli pada kesehatan reproduksi, pelecehan seksual, kekerasan seksual. “Serta mengedukasi masyarakat tentang bagaimana sikap dan tindakan yang bisa dilakukan saat melihat pelecehan/kekerasan seksual di ruang publik,” ujarnya, Minggu.

Dia menyebut salah satu penyebab kekerasan seksual adalah karena kurangnya edukasi masyarakat, korban maupun pelaku itu sendiri. “Selain itu karena masih banyak masyarakat Indonesia, khususnya Surabaya, yang menganggap bahwa hal-hal yang berbau seksual adalah tabu untuk dibicarakan,” tambahnya.

Penutupan kegiatan bakti mahasiswa baru itu dilakukan di arena car free day (CFD) Raya Darmo dengan senam aerobik dan zumba bersama dekan. Selain itu dilakukan pula penyuluhan eye to eye oleh 40 tim mahasiswa yang terdiri dua orang mahasiswa baru FK Unair 2019. Penyuluhan tentang fakta dan mitos kekerasan seksual ini ditargetkan dapat mengedukasi masyarakat yang ada di arena CFD.

Hari pertama kegiatan bakti mahasiswa ini, Selasa (8/10) diisi dengan melakukan edukasi berupa penyuluhan ke beberapa siswa SMPN 4 Surabaya, SMP Santa Katarina Surabaya, dan SMP Dapena 1 Surabaya. Materi penyuluhan yang disampaikan tentang pubertas, kesehatan reproduksi, bahaya pornografi dan cara pembelaan diri ketika sedang mengalami pelecehan seksual di ruang publik.

Sedang hari kedua, Sabtu (12/10) diisi talkshow mengenai sexual harassement awareness dan pameran lukisan dan patung bertema kesehatan reproduksi dan kekerasan seksual karya dr Aucky Hinting SpAnd.ret,*