PWI Jatim Gelar UKW Angkatan ke -26

Ainur Rohim

SURABAYA (global-news.co.id) – PWI Provinsi Jatim kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada tanggal 29 dan 30 Juli 2019.

UKW selama dua hari tersebut digelar di Gedung PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya, mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Tema yang diusung adalah, ‘Menuju wartawan yang profesional dan kompeten’.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim mengatakan, program UKW kali ini merupakan UKW Angkatan ke 26 yang digelar oleh PWI Jatim.

Sebanyak 26 wartawan dari berbagai media di Jatim maupun media nasional, baik cetak, online, radio maupun televisi akan mengikuti UKW kali ini.

“Ke 26 wartawan tersebut semuanya akan mengikuti UKW kelas muda,” ujarnya, Minggu (28/7/2019).

Selama pelaksanaan UKW, para peserta akan dibagi ke dalam lima kelas. Dimana masing-masing kelas berisi antara 5 sampai 6 orang peserta.

Mereka, kata Ainur Rohim, akan diuji dengan sejumlah materi yang sangat penting dan substansi untuk dipahami oleh wartawan, baik dalam teori maupun prakteknya.

Mulai merencanakan/mengusulkan liputan, rapat redaksi, dan mencari bahan liputan acara terjadwal.

Selain itu, diujikan juga materi wawancara cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita sendiri, wawancara tatap muka, hingga menyiapkan isi rubrikasi.

“Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, memahami dan melaksanakan kode etik jurnalistik (KEJ) dan hukum/undang-undang /peraturant pers,” jelasnya.

Khusus materi kode etik jurnalistik (KEJ), pedoman pemberitaan ramah anak dan regulasi atau peraturan lain tentang pers, merupakan tambahan materi yang mulai diujikan pada UKW tahun 2019.

Dengan berbagai mata uji tersebut, Ainur Rohim berharap, wartawan semakin menyadari arti penting UKW. Sehingga para wartawan yang menjadi peserta benar-benar mempersiapkan diri lebih baik dalam proses UKW.

“Ini penting, agar peserta UKW lulus dan menjadi wartawan yang kompeten dan profesional,” tegasnya.

Ditambahkan Ainur Rohim, UKW PWI Angkatan ke 26 ini menjadi prgram prioritas PWI selain perluasan jaringan PWI di sejumlah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jatim.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung penuh terlaksananya program UKW PWI Jatim Angkatan ke 26.

“Semoga acara UKW yang digelar selama dua hari besok (29-30 Juli) berlangsung sukses,” ucap Ainur Rohim. (fan)