SURABAYA (global-news.co.id) – Untuk memudahkan pasiennya dan memperkecil antrean, Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Surabaya meluncurkan apilikasi sistem informasi pasca pelayanan (SIPP). Dengan aplikasi SIPP ini pasien rawat jalan maupun rawat inap akan langsung mendapatkan informasi kapan dan jam berapa dia harus datang kembali untuk melakukan kontrol ulang sesuai arahan dokter.
“Meskipun sudah online, selama ini pasien harus mendaftar sendiri. Kalau dengan SIPP ini, begitu selesai berobat atau kontrol, pasien sudah bisa langsung mendapatkan informasi nomor urut dan jam berapa dia akan dilayani pada kunjungan berikutnya melalui telepon selulernya,” ujar Sugeng Harijanto SKM MPH, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSU Haji Surabaya di sela peluncurkan Aplikasi SIPP untuk pasien rawat inap, Senin (1/7).
Tujuan SIPP ini agar pasien tidak berlama-lama menunggu, karena dia bisa datang ke rumah sakit sesuai jam yang telah diketahui sebelumnya. Lewat aplikasi tersebut, pasien juga bisa meminta jadwal ulang bila pada saat tersebut ternyata tidak bisa ke rumah sakit. “Ini upaya untuk membentuk customer loyality. Setelah pelayanannya sesuai, pasien ini di-openi , bukan berharap pasien sakit lagi lo. Tapi apa yang bisa diberikan supaya tidak kontrol ke tempat lain,” tambahnya.
Untuk mendapat layanan ini, pasien memang harus mencatatkan nomor teleponnya. Kendalanya memang kalau pasiennya sudah sepuh, namun bisa menggunakan nomor telepon yang mengantarkan.
Direktur Utama RSU Haji Surabaya, Dr drg Sri Agustina Ariandani, MKes, mengatakan, “Dengan sistem ini pasien diingatkan kapan saatnya kontrol lagi, karena tak sedikit pasien yang lupa kapan dia harus kembali lagi.”
Layanan SIPP ini sudah diujicobakan pada pasien poli bedah dan paru sejak pertengahan Juni. Sedang untuk rawat inap baru diluncurkan hari ini. Selanjutnya akan dievaluasi, bila banyak yang memberikan respon positif akan diterapkan ke poli yang lainnya.ret