Bupati Yakin Dengan Manajemen Baik PDAM Segera Sehat

Badrut Tamam beri cenderamata pada Syamsul Hidayat didampingi Sekdakab Totok Hartono.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Badrut Tamam yakin PDAM Pamekasan akan menjadi perusahaan sehat dan untung, jika manajamen perusahaan tersebut berjalan baik. Itu diungkapkannya saat menerima tamu dari Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Jumat (12/7/19).

Badrut Tamam menerima tamunya di Ruang Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan. Dia didampingi Sekdakab Pamekasan Ir Totok Hartono MA, Asisten Administrasi Pembangunan Ir Nurul Widiastutik, Direktur PDAM Pamekasan Agus Bakhiar dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

BPP SPAM hadir ke Pamekasan untuk memaparkan program bantuan fasilitasi bidang manajemen ke PDAM Pamekasan. PDAM Pamekasan masuk 3 perusahaan di Jatim yang memenuhi syarat untuk mendapatkan perbaikan manajamen menuju perusahaan yang sehat dan untung. Pada tahun ini BPP SPAM memberikan fasilitasi di 24 Kabupaten di 18 propinsi di Indonesia.
Badrut Tamam mengungkapkan masalah manajemen di PDAM sangat penting. Karena denga manajemen yang baik, maka tata kelola perusahaan akan maksimal memanfaatkan segala potensi yang ada yang pada akhirnya akan mengantarkan perusahaan itu menjadi sehat dan untung.

“Sekalipun PDAM ini memiliki aset material yang banyak, bahan baku air yang melimpah, alat alat tehnologi juga sudah cukup, namun dari aspek manajemen perusahaan tidak berjalan baik, maka akan sulit menemukan perusahaan ini bisa berjalan dengan sehat dan untung. Karena itu saya nilai sangat tepat kalau masalah manajemen itu menjadi perhatian utama,” katanya.

Karena itu, dia mengucapkan terima kasih pada BPP SPAM yang telah menjadikan PDAM Pamekasan menjadi salah satu PDAM di Indonesia yang mendapat prioriotas dan layak untuk mendapat binaan manajemen menuju kinerja perusahaan yang labih baik lagi. “Saya benar benar berterima kasih atas pilihan PDAM Pamekasan ini,” tandasnya.

Direktur PDAM Pamekasan Agus Bakhtiar mengungkapkan beberapa tahun terakhir ini perusahaan yang dipimpinnya sudah membuah hasil atau untung. Namun perusahaan ini masih dinilai belum sehat total. Penilaian kurang sehat itu diketahui dari hasil pemeriksaan lembaga pemeriksa perusahaan pada satu tahun terakhir ini.

Sementara itu Syamsul Hidayat pimpinan BPP SPAM dalam paparannya mengungkapkan bahwa lembaga yang dipimpinnya adalah membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan penyelengaraan SPAM yang dilaksanakan oleh BUMN atau BUMD penyelenggara SPAM.

Ada empat fungsi yang dijalankan yakni penilaian kinerja SPAM BUMN BUMD, fasilitasi peningkatan kinerja penyelenggara SPAM, pemberian rekomendasi kepada pemerintah dalam rangka peningkatan penyelenggaraan SPAM dan pemberian rekomendasi bagi pemerintah dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara pelanggan dan penyelenggara SPAM. (mas)