Atasi Kekurangan Air Minum Pemkab Pamekasan Jajaki Teknolgi Desalinasi

Badrut Tamam memberikan cenderamata pada Mr Ohiro disaksikan Totok Hartono dan Sigit Priyono.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Badrut Tamam Sabtu (20/7/19) siang kedatangan tamu Mr Ohiro, pimpinan Toyobo Engineering Co Ltd. Osaka Jepang. Ohiro bertamu ke Pamekasan untuk memperkenalkan produk perusahaannya yakni teknologi RO Membrane, sebuah mesin desalinasi untuk air laut menjadi air minum.

Dalam menerima tamunya Badrut Tamam didampingi Sekdakab Totok Hartono, Kepala Bappeda Taufiquirrahman, Asisten Sekdakab Nurul Widiastutik dan Kabag Humas Protokol Sigit Priyono. Pertemuan dilaksanakan di ruang Pringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan Jalan Pamung Praja NO 1 Pamekasan.

Badrut Tamam mengatakan Mr Ohiro adalah satu diantara sejumlah orang temannya dari luar negeri. Ohiro adalah pemimpin sejumlah perusahaan di Osaka Jepang. Pada akhir Desember 2018 lalu dia bertemu terakhir dan memberikan ucapan selamat setelah dirinya terpilih menjadi peminpin Pamekasan. Pada saat itu Ohiro mengungkapkan keinginannya untuk membantu Pamekasan.

“Alhamdulillah banyak saya kenalan dari luar negeri termasuk di Osaka Mr Ohiro ini. Desember tahun kemarin dia menawarkan untuk membantu Pamekasan. Kebetulan sesuai dengan kondisi Pamekasan yang banyak kekurangan air, maka kami membutuhkan bantuanya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di Pamekasan ini,” katanya.

Di Pamekasan, kata Badrut, ada sedikitnya 82 desa yang selalu kekuranghan air bersih dan air minum utamanya pada saat musim kemarau. Desa-desa itu kebanyakan berada diwilayah pantai pesisir baik pantai utara maupun pantai selatan. Dia mengharapkan jika bantuan itu terealisir maka akan menjadi bagian dari upayanya untuk memanuhi kebutuhan mendesak masyarakat.

“Pembanguan juga harus berdasarkan pada kebutuhan dari bawah. Nah kami melihat kebutuhan air yang besar bagi warga khususnya musim kemarau. Kami telah lakukan untuk menfasilitasi melalaui fasilitas lembaga yang ada sebelumnya. Namun jika program desalinasi ini berhasil maka akan menjadikan pemenuhan air minum akan lebih mudah murah dan efektif,” jelasnya.

Pada prinsipnya, lanjut Badrut, dia berharap tehnologi desalinasi itu memenuhi tiga unsur yakni murah, tepat dan banyak bermanfaat. Karena itu jika tiga unsur itu terpenuhi, maka Pemkab Pamekasan tinggal menindak lanjuti melalui komunikasi lanjutan dengan pihak perusahaan Toyobo Engineering Co. Ltd.

Sementara itu Mr Ohiro menjelaskan perusahaannya telah memiliki perusahaan afiliasi di beberapa tempat di Indonesia. Yang saat ini focus di Indonesia adalah desalinasi air minum. Mesin desalinasi yang diproduksi adalah tehnologi membrane RO. Mesin atau tehnologi ini memiliki banyak type dan yang akan ditawarkan ke Pamekasan yaitu type yang terbaik dan baru dua tahun masuk ke Indonesia. (mas)