Nayla Badrut Tamam Dorong Warga Gemar Makan Ikan

Nayla Badrut Tamam (dua dari kiri ) dan Yuni Fitriyah Raja’e (paling kanan) tinjau peserta lomba kreasi masak ikan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pamekasan Nayla Badrut Tamam mengajak masyarakat untuk menumbuhkan semangat makan ikan. Ini penting, kata dia, mengingat hal itu berkaitan dengan terpenuhi tidaknya kebutuhan gizi untuk kesehatan masyarakat.

Nayla Badrut Tamam mengatakan hal itu saat membuka Lomba Kreasi Masakan Ikan Berbasis Sumberdaya Lokal di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (27/6). Selain memberi sambutan istri Bupati Pamekasan Badrut Tamam ini juga ikut memantau langsung saat penilaian dalam lomba tersebut.
Dia didampingi wakilnya Yuni Lailatul Fitriyah istri Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e.

Pemenuhan kebutuhan gizi utamanya bagi kalangan anak anak, kata Nayla, keberadaan ikan sangat dibutuhkan. Salah satu manfaat atau kegunaan ikan adalah membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Kebutuhan akan protein hewani jenis ikan bagi perkembangan anak sangat penting, karena itu orang tua harus memperhatikannya.

“Ikan kebutuhan yang amat peting, janganlah anak atau anggota keluarga sampai kekurangan protein dari ikan ini. Dengan lomba ini tujuannya memotivasi masyarakat untuk menggemari makan ikan. Dengan lomba ini ada kreasi untuk memasak aneka ragam jenis rasa dari ikan yang tersedia, sehingga membangkitkan semangat untuk mengkonsumsi ikan,” katanya.

Dinas Perikanan menggelar lomba kreasi masakan ikan berbasis sumber daya local (BSL) ini diikuti 30 peserta yang berasal dari TP PKK kecamatan dan PKK kelurahan serta perwakilan dari Dharma Wanita. Metode pelaksanaan lomba yaitu peserta menampilkan masalah dan membuat garnish di lokasi. Sedangkan masakan sudah disiapkan dari rumah.

Kepala Dinas Perikanan Pamekasan Nurul Widiastuti menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya mewujudkan peningkatan konsumsi ikan masyarakat, melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diselenggarakan tiap tahun. Salah satu kegiatan dalam rangka Gemarikan ini adalah melalui lomba kreasi masakan ikan berbasis local tersebut.

“Salah satu upaya untuk mengimplementasikan program Gemarikan adalah melaksanakan kegiatan lomba kreasi masakan ikan berbasis sumber local. Sebagai referensi dan inspirasi sajian menu ikan yang bervariasi agar masyarakat semakin antusias mengkonsumsi ikan,” katanya.

Selain itu, untuk mendukung program Gemarikan, Dinas Perikanan juga berupaya memantau ketersediaan ikan melalui upaya peningkatan produksi ikan. Ketersediaan ikan di Pamekasan, kata dia, selama ini berasal dari ikan hasil tangkapan dari laut, hasil budi daya, maupun konsumsi ikan hasil olahan dengan total produksi mencapai rata rata puluhan ton tiap tahunnya. (mas)