Raih Suara Terbanyak, Munaji Akui Karena Prabowo-Sandi Efek

PAMEKASAN (global-news co.id) – Munaji Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 meliputi Kecamatan Batumarmar, Waru dan Pasean Pamekasan, pantas untuk mendapat apresiasi. Betapa tidak calon wakil rakyat asal Pantura Pamekasan itu sudah bisa memastikan dirinya duduk di kursi DPRD Pamekasan untuk masa bhakti 2019-2024.

Yang pantas diapresiasi, karena mantan anggota DPRD Pamekasan dua periode ini, berhasil menjadi Caleg dengan perolehan suara terbanyak dilingkungan para Caleg di DPRD Pamekasan. Jumlah suara yang diperolehnya mencapai 17.770 suara. Sementara Caleg perolehan suara terbanyak kedua diraih Caleg asal partai lain dengan 14 ribu suara.

Kepada Global News, Munaji menuturkan keberhasilan dirinya meraih suara terbanyak di DPRD Pamekasan ini tidak bisa dilepaskan dari dua faktor. Pertama adalah faktor atau pengaruh efek ekor jas. Yakni pengaruh dilaksanakannya Pileg bersamaan dengan Pilpres, dimana masyarakat memilih caleg dikaitkan dengan figure Capres yang diusung oleh partai yang mengusungnya.

“Bagi saya ini sangat berkaitan dampak Pileg dan Pilpres bersamaan. Istilahnya pengaruh ekor jas. Masyarakat di Pamekasan ini banyak mengikuti ulama dan kiainya. Para kiai disini mayoritas dukung Prabowo yang diusung Gerindra dan partai lainnya. Karena partai saya usung Prabowo itulah maka masyarakat banyak menjadi alasan memilih saya,” akunya, Rabu (8/5/19).

Yang kedua, lanjut dia, terkait dengan banyaknya Caleg yang pada kali ini patah semangat pada saat jelang memasuki hari pelaksaan pemilu. Biasanya mereka caleg ini baru. Kondisi itu lalu dimanfaatkan oleh Caleg yang berpengalaman untuk memaksimalkan sosialisasinya pada masyarakat. Hasilnya banyak Caleg lama yang kembali bertahan terpilih pada Pemilu kali ini.

Mantan aktifis HMI Cabang Pamekasan ini mengungkapkan bahwa soal partai dia mengaku jadi kutu loncat, hingga kini dia telah dua kali pindah partai. Pertama dia berhasil menjadi anggota DPRD Pamekasan dengan kendaraan Partai Bintang Reformasi (PBR). Lalu pada periode kedua dia melalui PKB dan terakhir dia mencalonkan kembali melalui Partai Gerindra.

“Pertama kali kami masuk ke legislative melalui PBR. Namun PBR kemudian tak bisa ikut pemilu lagi, maka pada periode kedua kami berangkat melalui PKB. Dan yang ketiga terakhir ini kami mencalonkan diri kembali dengan menggunakan Partai Gerindra. Dan Alhamdulillah berhasil kembali,” ungkapnya.

Kembali terpilih menjadi wakil rakyat, Munaji, bertekad untuk bisa menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat yang baik. Dia juga meminta dukungan dari semua elemen masyarakat agar bisa menjalankan amanat dengan baik. “Tugas sebagai wakil rakyat, pasti menjadikan rakyat sebagai sasaran pengabdian. Karena itu perlu dukungan bahkan kritik dari rakyat,” pungkasmya. (mas)