Pamekasan Pembuka Festival Ramadan Jatim 1440 H

Badrut Tamam, Ibu Gubernur Khofifah, istri Wagub Arumi Dardak, dan Wakapolda Jatim bersama anak yatim.

PAMEKASAN (global-news co.id) – Pamekasan menjadi lokasi pembuka kegiatan Festival Ramadan Jatim 1440 Hijriyah. Kegiatan itu kemarin dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Kegiatan selama satu bulan ini akan dilaksanakan di enam kabupaten yakni Pamekasan, Lumajang, Malang, Madiun, Bojonegoro, dan berakhir di Surabaya.

Gubernur Khofifah hadir didampingi oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Haryanto, istri Wagub Arumi Dardak dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemrov Jatim lainnya. Kegiatan Festival Ramadan Jatim di Pamekasan dipusatkan di Lapangan Nagara Bhakti depan Pendopo Ronggosukowati.

Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Jatim atas kehadirannya di Pamekasan dan menjadikan Pamekasan sebagai tempat pembuka kegiatan Festival Ramadan Jatim tahun 1440 H. Dia mengaku itu sebagai sebuah kehormatan bagi Pemkab Pamekasan dan bagi dirinya bersama masyarakat Pamekasan.

“Ibu Gubernur kami kabupaten Pamekasan adalah kabupaten yang selalu terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya, melaksanakan pembangunan untuk bisa sejajar dengan kabupaten lainnya yang telah maju. Karena itu kami ucapkan terima kasih atas kahadirannya di Pamekasan,” kata Badrut.

Sementara itu Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kegiatan festival Ramadan itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memeriahkan program safari Ramadan Pemprov Jatim yang biasa dilakukan tiap tahun pada saat bula puasa. Dalam kegiatan ini ditampilkan aneka budaya lokal religius yang tujuannya menggali dan mengembangkannya.

“Nanti budaya dan kesenian religius local yang ada di tiap daerah akan ditampilkan dengan berbagai coraknya. Semuanya itu akan dieksplorasi guna pengembangan lebih jauh sebagai sebuah kekayaan budaya khas daerah yang harus dilestarikan dan diupayakan untuk kepentingan pembangunan daerah,” katanya.

Selain menampilkan aneka ragam seni budaya local religius, dalam festival Ramadan ini juga ditampilkan aneka ragam jenis industry kerajian local berupa kuliner baik makanan atau jajanan khas Pamekasan. Kegiatan ini dilakukan di dua tempat yakni di kawasan monumen Arek Lancor dan di lapangan Nagara Bhakti depan Pendopo Ronggosukowati.

Gubernur Khofifah menyempatkan melihat- lihat lokasi penjualan aneka ragam kuliner khas Pamekasan khususnya menu buka puasa. Baik yang berjualan di Kawasan Monumen Arek Lancor maupun yang dilakukan di lapangan Nagara Bhakti depan Pendopo Ronggosukowati. Di lokasi ini juga Gubenur bersama Wakapolda Jatim dan Badrut Tamam menyerahkan bingkisan untuk anak-anak yatim. (mas)