Pamekasan Jadikan Hafidz Quran Bagi Siswa Program Prioritas

Bupati menyerahkan penghargaan kepada siswi penghafal Al Quran terbaik.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Badrut Tamam mendukung penuh program pembinaan baca dan hafalan Al-Quran bagi siswa tingkat SD dan SMP yang sedang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pamekasan. Karena program itu akan memiliki dampak positif pada penciptaan perilaku dan kepribadian siswa.

“Kalau dijalankan secara baik dan benar, maka dampak dari program pembinaan baca dan hafalan Al-Quran itu akan mempengaruhi untuk kesalihan perilaku anak SD dan SMP di Pamekasan ini. Dan bisa jadi itu akan menjadi program prioritas dalam dunia pendidikan di Pamekasan,” kata Badrut.

Badrut mengemukakan hal itu usai memberi sambutan dalam acara penyerahan anugrah bagi pembaca Al Quran terbaik tingkat SD se Pamekasan yang digelar di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Selasa (30/4/19) kemarin.

Badrut Tamam mengatakan program pembinaan baca dan hafalan al Quran ini secara teknis bisa dikerjasamakan dengan sejumlah pendok pesantren yang selama ini telah menggelar program penghafal Al Quran. Dia sangat yakin program itu akan berjalan bagus dan dinamis, karena selama ini sudah banyak pesantren yang memiliki program santri penghafal al Quran.

Rencana pihak Dinas Pendidikan Pamekasan untuk memaksimalkan lagi program pembainan baca dan hafalan al Quran, mendapat apresiasi positif dari Badrut Tamam, karena program itu diyakini akan menumbuhkan semangat generasi muda untuk sadar akan pentingnya memahami al Quran sebagai bekal memilik keimanan dank ke Islaman yang baik pula.

Meski demikian, kata Badrut Tamam, menjadi pembaca dan penghafal al Quran saja tidak cukup. Karena itu dia menyarankan anak penghafal al Quran juga memiliki keterampilan tambahan lain yakni keahlian lain sebagai penunjang.

“Karena itu kini banyak perguruan tinggi yang memberikan perilaku khusus berupa pemberian beasiswa bagi para siswa penghafal al Quran untuk diterima menjadi mahasiswa tanpa test lengkap dengan beasiswanya, di berbagai jurusan umumnya jurusan sains,” jelasnya.

Pemkab Pamekasan sendiri, kata Badrut Tamam, kini tengah menjajaki akan membangun kemitraan dengan Universitas Airlangga Surabaya. Kemitraan itu berupa pemberian kesempatan secara maksimal bagi siswa pilihan dari Pamekasan untuk mendapatkan pendidikan secara gratis.

Jumlah siswa SD yang mendapat anugrah pembaca al Quran terbaik se Pamekasan tahun ini sebanyak 26 orang siswa putra putri. Mereka merupakan pembaca terbaik dari 13 kecamatan di Pamekasan. Tiap kecamatan dipilih dua pembaca terbaik, yakni satu putra dan satu putri. Diantara siswa penerima anugrah itu ada yang tercatat sebagai peraih juara harapan 1 pembaca al Quran terbaik tingat propinsi. (mas)